Lowongan Driver Online

10 instansi yang mengumumkan kebutuhan formasi CPNS 2021

Posted on

Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan mengumumkan terkait pembukaan pendaftaran calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada hari ini.

“Besok simak konpres (konferensi pers) kami ya jam 14.00 WIB,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum, dan Kerja sama BKN Paryono kepada CNBC Indonesia.

Menurutnya, saat ini regulasi untuk pendaftaran CPNS sudah selesai. Pembukaan pendaftaran CPNS akan dilakukan berbarengan dengan Calon PPPK (CPPPK) baik guru maupun non guru.

Adapun total kebutuhan ASN tahun ini sebanyak 1.275.384 formasi. Kebutuhan ini untuk Pemerintah Pusat sebanyak 83.669 dan Pemerintah Daerah sebanyak 1.191.718 formasi.

Untuk kebutuhan Pemda terdiri dari guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sebanyak 1.002.616 formasi dan PPPK non guru 70.008 formasi serta CPNS 119.094 formasi.

Saat ini berbagai Kementerian dan Lembaga (K/L) sudah mengumumkan jumlah formasi yang dibutuhkan. Instansi ini pun memberikan syarat yang diperlukan untuk kebutuhan formasinya.

Pengumuman dilakukan melalui media sosial resmi masing-masing. Berdasarkan catatan CNBC Indonesia, berikut daftar 10 instansi yang sudah mengumumkan kebutuhan formasi CPNS:

1. Kementerian Luar Negeri

Kemenlu membuka 20 formasi untuk CPNS tahun ini. Diantaranya untuk diplomat, perencanaan peraturan perundang-undangan, auditor hingga analis kompetensi tenaga pengajar.

Baca   Pembukaan untuk pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 telah diumumkan pemerintah secara resmi

Setidaknya ada 20 posisi yang dibuka oleh Kemenlu. Artinya, untuk satu posisi dibutuhkan satu orang saja.

2. Polri

Polri membuka lowongan untuk 1.035 formasi untuk CPNS tahun ini. Lowongan ini dibuka baik untuk tenaga medis dan juga tenaga teknis.

Rinciannya adalah 907 untuk formasi umum, 104 formasi untuk lulusan terbaik, 21 formasi untuk disabilitas dan 3 formasi untuk putra/putri Papua dan Papua Barat.

3. Kementerian Perhubungan

Melalui laman resmi media sosialnya, Kemenhub mengumumkan membuka lowongan CPNS untuk 2.445 formasi.

Untuk CPNS Kemenhub akan dibuka untuk berada diseluruh unit kerjanya yakni Setjen, Itjen, Direktorat Laut, Darat, dan Udara. Juga untuk unit perkeretapiaan, badan litbang, BSDMP dan BPTJ.

Tahapan seleksi CPNS Kemenhub terdiri dari seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar (SKD) 40%, seleksi kompetensi bidang (SKB) 60%.

4. Kejaksaan RI

Kejaksaan RI tahun ini akan membuka lowongan CPNS sebanyak 4.148 formasi. Kebutuhan formasi ini diumumkan melalui media sosial resminya.

Formasi CPNS Kejaksaan diantaranya 1000 formasi untuk posisi Jaksa dengan syarat adalah sarjana hukum terbaik di Indonesia. Kemudian ada juga 527 formasi untuk posisi pranata barang bukti untuk lulusan D3 baik di bidang administrasi, komputer, perkantoran, manajemen hingga sekretaris.

Baca   Masyarakat yang Tidak Bisa Suntik Vaksin Covid-19 Menurut Specialis Penyakit dalam

Lalu 495 formasi untuk posisi pengolah data perkara dan putusan, 179 formasi untuk posisi ahli pertama pranata komputer, 141 formasi untuk posisi pengelola pengaduan publik hingga 496 formasi untuk posisi pengadministrasi penanganan perkara.

Secara rinci mengenai lowongan CPNS Kejaksaan bisa disimak melalui instagram resminya di @biropegkejaksaan.

5. Basarnas

Basarnas mengumumkan fomasi CPNS nya melalui video singkat di laman media sosialnya. Setidaknya, ada 350 formasi yang dibuka oleh Basarnas di tahun ini.

Adapun formasi yang dibuka diantaranya dokter ahli pertama, perawat terampil, rescuer pemula, nahkoda kapal, masinis kapal hingga juru minya dan juru mudi.

6. DPR RI

DPR RI membuka lowongan CPNS untuk unit Sekretariat Jenderal. Untuk tahun ini, Setjen DPR RI membuka lowongan untuk 75 formasi.

Untuk mengetahui syarat apa saja yang ditetapkan DPR sebelum mendaftar maka bisa langsung mengunjungi instagram resmi DPR RI @dpr_ri.

7. Badan Pemeriksa Keuangan

BPK membuka lowongan CPNS untuk 1.320 formasi di tahun ini. Formasi ini terdiri dari 1.257 untuk jabatan pemeriksaan ahli pertama, 35 jabatan sebagai pranata komputer, serta 28 formasi untuk pengelolaan data informasi dan hukum.

Baca   Bandara Saba, Karibia - landasan pesawat paling pendek di dunia

8. Kementerian PUPR

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membuka lowongan CPNS untuk 1.057 formasi di tahun 2021. Ini tertuang dalam Keputusan Menteri PANRB Nomor 719 Tahun 2021 tentang penetapan kebutuhan pegawai ASN di lingkungan Kementerian PUPR tahun anggaran 2021.

9. Badan Narkotika Nasional

BNN masuk dalam daftar institusi yang telah mengumumkan kebutuhan formasi CPNS tahun ini. Setidaknya ada 148 formasi yang dibuka BNN dalam CPNS 2021.

Dari total kebutuhan ini, terdiri dari 12 formasi untuk tenaga medis dan 136 formasi untuk jabatan tenaga teknis.

10. Kementerian Kelautan dan Perikanan

KKP juga telah mengumumkan akan membuka lowongan CPNS untuk tahun ini. Sejumlah formasi telah ditetapkan dan yang paling banyak untuk jabatan penyuluh perikanan.

Secara rinci, KKP membuka lowongan CPNS untuk 200 formasi dan 398 formasi untuk Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (CPPPK).

Sumber : cnbcindonesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *