Cara membuat resume dan tata cara melamar kerja

Posted on

Resume merupakan ringkasan atau rangkuman mengenai sesuatu hal. Dalam dunia pekerjaan, resume adalah informasi yang mengandung rangkuman dari pengalaman, keahlian, data diri seseorang yang ditulis sederhana dan singkat.

Resume dalam melamar kerja harusnya ringkas yang berisi hal dalam menjelaskan siapa pelamar kerja sebenarnya. data diri, pendidikan, pengalaman, kemampuan secara padat tidak bertele-tele.

Dibawah ini beberapa contoh resume yang di ambil dari berbagai sumber sebagai referensi sebagai dasar dalam membuat resume pribadi anda:

Tips Tata Cara Melamar Pekerjaan :

  1. Lamar pekerjaan yang anda minati dan yakin mampu melaksanakan.
  2. Buatlah surat lamaran yang terkesan individual / personal, khusus untuk perusahaan yang dimaksud. Jangan membuat surat lamaran yang sudah diformat secara standar atau meniru / menjiplak mentah-mentah dari buku.
  3. Usahakan surat tersebut singkat, faktual, dan menarik, dengan bahasa yang jelas dan penampilan menarik, dalam arti: rapi (tidak ada kesalahan ejaan atau tata bahasa), bersih (tinta hitam di atas kertas putih, jangan ada koreksi seperti tip-ex atau perbaikan dengan pensil / bolpoin sebaiknya ketik dan cetak ulang saja) dan selalu berusaha ditujukan kepada seseorang tertentu (nama dan/atau jabatan yang spesifik).
  4. Surat lamaran maksimal hanya satu halaman, selalu disertai resume / C.V (curriculum vitae) Anda dan memberi impresi pertama yang positif tentang Anda.
  5. Resume /C.V Anda sebaiknya memberi detail tentang latar belakang pendidikan, keterampilan keterampilan yang Anda miliki, pengalaman kerja (full-time, part-time, atau freelance yang memberi Anda kompetensi tertentu untuk melakukan suatu pekerjaan), aktivitas (organisasi, masyarakat, olahraga, dsb) dan prestasi-prestasi (di sekolah maupun luar sekolah) yang pernah Anda raih. Ciri resume/C.V yang baik adalah: rapi, simpel, jujur, dan akurat. Sebaiknya bersih dan disusun agar penyampaian informasi menarik serta mudah dibaca. Berilah jarak (margin) pada semua sisi resume/C.V Anda sebesar 1″ (minimal 1/2″ kalau Anda kekurangan tempat untuk mengisi informasi tentang diri Anda.) Bagian putih ini membuat resume Anda menarik, bersih, dan mudah dibaca sekaligus memberi tempat bagi calon atasan untuk membubuhkan catatan langsung di situ. Gunakan kertas dan tinta yang sama dengan surat lamarannya.
  6. Baca dan periksa ulang surat lamaran serta resume/C.V Anda. Pastikan bahwa tidak ada kesalahan tipografis, tata bahasa / grammar, bahasa yang diulang-ulang / repetitif, layout yang kurang rapi (miring atau tidak lurus), ataupun kesalahan lain. Suatu kesalahan dalam ejaan saja bisa menyebabkan Anda kehilangan kesempatan yang penting untuk memperoleh pekerjaan.
  7. Silakan membaca buku/literatur yang tersedia di toko-toko buku. Ada banyak buku yang mengulas cara-cara dan kiat efektif dalam menulis surat lamaran, resume/C.V, maupun memenuhi panggilan wawancara.
Baca   Alternatif Terbaik Microsoft Office

Membuat summary CV

Format standar resume atau curriculum vitae (CV) di Indonesia adalah sebagai berikut:

Biodata dan pas foto
Pas foto berwarna terbaru, biasanya berukuran 3×4 atau 4×6

Baca   Kiat Sukses Wawancara Saat Melamar Pekerjaan

Riwayat pendidikan dan pelatihan
Cantumkan riwayat pendidikan dan pelatihan yang pernah diikuti, lengkap dengan jurusan, jenjang, institusi dan tahun kelulusan. Cantumkan pendidikan formal terlbih dahulu, setelah itu baru cantumkan pendidikan non formal.

Baca   Tabungan Pendidikan untuk Anak Kesayangan Anda

Pengalaman kerja
Berisi pengalaman kerja anda, lengkap dengan pangkat, jabatan, jenis pekerjaan, prestasi atau poyek yang telah selesai dengan sukses, tanggung jawab dan wewenang pekerjaan, serta periode kerja.

Pengalaman organisasi
Berisi pengalaman organisasi. Sebaiknya cantumkan pengalaman organisasi yang berhubungan dengan jenis pekerjaan yang anda inginkan saja.

Referensi kerja
Cantumkan referensi kerja (bisa nama atasan tempat anda bekerja sebelumnya).

Semoga Berhasil