Cara Sukses Kerja Sampingan di Masa Pandemi Corona
Cara Sukses Kerja Sampingan di Masa Pandemi Corona

Cara Sukses Kerja Sampingan di Masa Pandemi Corona

Posted on

Adanya pandemi virus corona atau Covid-19 ini, tak sedikit pekerja yang terkena dampaknya. Bukan hanya gaji dipotong hingga setengah saja, tapi ada juga pekerja yang terpaksa dirumahkan atau terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) oleh perusahaannya. Ini tentunya membuat mereka tak lagi memiliki penghasilan.

Di situasi seperti ini, mencari dan mendapatkan pekerjaan baru berpeluang sangat kecil. Sebab, banyak perusahaan yang mengalami penurunan omzet, sehingga perusahaan menghentikan perekrutan karyawan baru untuk sementara waktu hingga pandemi Covid-19 usai.

Akan tetapi, dengan kerja sampingan seperti menjadi freelancer atau menekuni bisnis kecil-kecilan merupakan solusi yang sangat tepat. Dengan begitu, Anda akan tetap memiliki penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup selama pandemi Covid-19. Bahkan, tak sedikit dari bisnis yang tadinya kecil bisa memberikan cuan yang sangat besar.

Baca   Tips agar aman bersepeda dan tidak membuat stress

Lalu bagaimana caranya biar kerja sampingan di tengan pandemi Covid-19 ini tetap cuan alias untung? Simak beberapa tipsnya berikut ini yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

Tips Cuan Kerja Sampingan di Tengah Pandemi Corona

Pilih Kerja Sampingan Sesuai Passion

Banyak kerja sampingan yang bisa dijalankan untuk mendapatkan penghasilan. Namun, janganlah sembarangan dalam memilih kerja sampingan karena hasilnya nanti tidak akan maksimal. Untuk itu, agar hasilnya bisa memuaskan, pilihlah kerja sampingan yang benar-benar sesuai dengan passion alias di bidang yang Anda sukai.

Misalnya saja, suka menulis jadilah penulis lepas, bagi yang suka dibidang seni tak ada salahnya menjual lukisan atau menerima jasa desain. Selain itu, bagi yang suka masak bisa mencoba jual makanan dan lainnya.

Dapatkan Lowker Freelancer di Situs Terpercaya

Bagi yang ingin mencoba sebagai freelancer, Anda bisa mendapatkan informasi lowongan pekerjaan di situs-situs karir terpercaya. Mulai dari Freelacer Indonesia, Sribulancer, Projects, Upwork, Problogger, LinkedIn dan sebagainya.

Baca   Cara menggunakan tautan Whatsapp di Website

Pilih Bisnis Sesuai Bujet

Jika passion Anda adalah di bidang bisnis, jangan ragu untuk memulainya. Jalankan bisnis yang Anda sukai, apakah suka di kuliner, pakaian, aksesoris dan lainnya. Pilihlah bisnis yang bisa dijalankan dengan bujet minim atau bahkan tanpa modal sekalipun seperti menjadi dropshipper.

Gunakan tabungan atau aset yang ada sebagai modal usaha. Jika Anda tak punya modal, tak perlu bersedih, coba pinjam uang ke anggota keluarga, atau mengajukan pinjaman ke bank atau lembaga keuangan. Jangan lupa, pilih pinjaman berbunga rendah.

Asah Keahlian dan Berani Inovasi

Jangan mudah berpuas diri jika sudah mendapatkan penghasilan. Sebaiknya asah terus keahlian yang Anda miliki agar hasil kerja sampingan yang dijalankan bisa mengalami peningkatan. Selain itu, jangan ragu untuk melakukan inovasi. Dengan begitu, produk dari kerja sampingan akan lebih menarik dan tentunya berbeda dengan yang lainnya, sehingga akan banyak pelanggan yang menyukainya.

Baca   9 Hal Ini Bisa Membuat Anda Dipecat dari Pekerjaan

Maksimalkan Sosial Media untuk Promosi

Agar kerja sampingan bisa dikenal banyak orang, jangan malu untuk unggah hasil kerja Anda, baik itu hasil tulisan, hasil desain, hasil produk dan lainnya. Ini juga bisa dijadikan sebagai salah satu promosi yang Anda lakukan.

Maksimalkan penggunaan sosial media seperti Facebook dan Instagram dengan memanfaatkan masing-masing fitur yang tersedia agar promosi bisa berhasil menarik perhatian banyak orang. Dengan begitu, orang akan memakai jasa atau membeli produk bisnis Anda.

Sumber: Cermati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *