Manfaat yang Anda Dapatkan Mendengarkan Buku Audio

Posted on

Audiobooks atau buku audio berkembang sangat pesat di dunia. Tahun ini, pertumbuhan buku audio secara global diperkirakan akan meningkat 25 persen atau menjadi senilai 3,5 miliar dollar Amerika Serikat.

Buku audio pun telah bertransformasi menjadi sangat menarik. Pengisi suara diambil dari aktor-aktor terkenal atau public figure lainnya. Beberapa buku audio bahkan menggunakan beberapa narator sekaligus.

Membaca buku audio dapat memberikan sensasi yang berbeda dari buku yang pernah Anda baca versi cetaknya. Tokoh-tokoh dalam cerita terasa lebih nyata, kisahnya pun mengalir lebih intens.

Memang masih ada perdebatan di kalangan pembaca buku atau penghobi baca, apakah mendengarkan buku audio bisa disamakan dengan membaca buku? Cara kerja otak dalam memproses aktivitas membaca dengan mendengarkan memang berbeda, namun ternyata dalam hal mempertahankan informasi yang diserap otak, bisa sama banyaknya.

Banyak manfaat yang bsa dipetik dari mendengarkan buku audio, misalnya, Anda bisa mendengarkan buku audio sembari menyetir mobil, berjalan-jalan, memasak, membersihkan rumah, dan sebagainya. Anda tidak bisa melakukan ini semua sambil membaca buku cetak.

Baca   Karir CONSTRUCTION DEPARTMENT HEAD Superindo

Nah, berikut ini adalah manfaat-manfaat utama dari mendengarkan buku audio yang perlu kita ketahui:

1. Menghemat waktu
Anda tak perlu menunggu hingga pekerjaan rumah selesai untuk mencari waktu khusus membaca buku. Sambil mengepel, Anda bisa menyelesaikan “sekian halaman”, lalu “sekian halaman” selagi mencuci piring, dan seterusnya.

2. Meningkatkan rentang perhatian dan fokus
Saat mendengarkan buku audio, Anda perlu memperhatikan kata-kata si narator dan mempertahankan perhatian sepanjang narasi. Ini disebabkan ketika mendengarkan buku audio sambil mengerjakan hal-hal lain, Anda akan lebih mudah terdistraksi.

Ketika kehilangan fokus saat membaca buku, Anda tinggal kembali ke paragraf atau halaman sebelumnya. Tidak demikian halnya ketika Anda mendengarkan buku audio, sehingga penting bagi Anda untuk tetap fokus dan menjaga perhatian pada audio.

3. Memperbaiki pengucapan dan kelancaran berbicara
Mendengarkan buku audio meningkatkan akurasi, kelancaran membaca, dan berbicara Anda. Apalagi ketika Anda sedang mempelajari bahasa asing. Saat narator menceritakan isi buku, Anda dapat memperhatikan dan mempelajarinya caranya mengucapkan kata-kata, kecepatan baca, jeda, tekanan, dan intonasinya.

Baca   Kartu Perdana XL, Aktifkan kartu XL Anda dan nikmati bonusnya setiap hari

4. Meningkatkan daya ingat
Ketika mendengarkan buku audia, Anda mesti mengingat atau menghapal banyak hal, misalnya nama karakter, nama tempat, plot dan sub-plot, urutan acara, percakapan penting, dan lain-lain.

Kemampuan menyimpan informasi ini terus meningkat seiring bertambahnya jumlah buku audio yang Anda dengarkan. Saat otak belajar mengingat informasi dari alur cerita, Anda juga akan menjadi lebih baik dalam mengingat hal-hal lain.

5. Membangun kemampuan mendengarkan secara kritis
Mendengarkan buku audio merupakan cara bagus untuk membangun keterampilan mendengarkan secara kritis. Ketika mendengarkan buku audio, Anda menganalisis berbagai komplikasi dalam plot cerita, kemudian membuat penilaian berdasarkan analisis Anda. Inilah yang membantu meningkatkan keterampilan tadi.

6. Mengembangkan rasa empati
Buku audio membantu Anda menjadi lebih berempati, mampu memahami dan berbagi perasaan dengan orang lain.

Narator yang bagus dapat membantu pendengarnya terhubung dengan karakter dan plot cerita. Anda seolah menjadi bagian dari buku dan merasakan apa dirasakan karakter. Narasi yang hidup membuat Anda memahami rasa sakit dan keluhan karakter.

Baca   6 Perusahaan Terdampak Corona, Bagaimana Nasip Pekerja ?

7. Meningkatkan kesehatan mental
Mendengarkan buku audio yang bagus dapat mengurangi stres dan menenangkan pikiran kita. Mendengarkan buku audio yang menenangkan sebelum tidur membantu kita lekas tertidur, sekaligus meningkatkan kualitas tidur. Hal-hal ini merupakan faktor untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan mental.

8. Mendapatkan pengalaman cerita yang menarik dan hidup
Kepribadian narator mempengaruhi aliran dan nuansa cerita. Mereka membantu kita menciptakan gambaran mental tentang situasi dan karakter, serta membantu memahami plot emosi dengan lebih baik, lewat nada suara, humor, misteri, dan irama yang bervariasi.

9. Bermanfaat bagi penyandang disabilitas visual
Kehadiran buku audio tentu saja sangat membantu penyandang disabilitas visual dan kesulitan membaca, seperti disleksia, hiperleksia, dan sebagainya dalam menambah wawasan dan mengembangkan literasi.

Buku cetak, buku elektronik, maupun buku audio masing-masing memiliki karakteristik unik dalam memberikan manfaat kepada para penggunanya. Jika Anda tergolong orang yang punya kemampuan audio, mendengarkan buku audio akan lebih memberikan keuntungan bagi Anda ketimbang membaca buku tradisional. (*)

Sumber: membacacepat.com