Perbedaan Daya Ingat Wanita dan Pria

Posted on

Wanita memiliki kemampuan luar biasa mengingat tiap kata dan suasana dibandingkan pria. Ada alasan dibalik fakta superioritas wanita dalam hal memori. Aliran darah yang mengaliri bagian otak tertentu pada wanita lebih banyak dibandingkan pria.

Marianne J. Legato, MD, pendiri Kemitraan Gender di Universitas Columbia mengungkap sistem tubuh pria dan wanita berbeda, termasuk pada otak.

Jumlah darah yang mengalir ke pusat kontrol tertentu termasuk kontrol bahasa dan konsentrasi lebih tinggi pada wanita. Ditambah lagi, konsentrasi tinggi estrogen membuat ingatan wanita lebih tajam daripada pria.

Baca   Surat Pernyataan Mahasiswa Kejujuran kademik

Ada dua hal yang menunjukkan ingatan wanita jauh lebih maju dibandingkan pria, yaitu:

Kata yang diucapkan

“Ini termasuk membacakan cerita dari buku-buku, serta argumen verbal,” kata Dr Legato, penulis ‘Why Men Never Remember and Women Never Forget’ seperti dilansir Shine. Sehingga normal wanita mengingat lebih jelas dan mendetail. Kenangan yang ‘dikemas’ dengan baik lebih lama tersimpan dalam otak wanita juga berkat aliran darah ke otak.

Baca   Aplikasi Komunikasi Perusahaan Terbaik pada tahun 2021

Kenangan tidak menyenangkan, menakutkan atau pengalaman yang membuat stres Estrogen mengaktifkan bidang lebih besar di neuron otak wanita selama terjadinya pengalaman buruk atau menyedihkan. Dr Legato menjelaskan, pengalaman stres berdampak lebih merusak dan lebih dalam menimpa wanita.

Baca   Tips agar aman bersepeda dan tidak membuat stress

“Dengan hanya mengingat sebuah insiden yang tidak menyenangkan bisa membawa kembali kesedihan yang pernah dialami wanita. Meskipun kejadiannya telah lama berlalu,” tambah Dr Legato.

Namun, ada sisi positif dari ingatan ini. Wanita dipercaya menjadi saksi mata kejahatan dan kecelakaan yang lebih baik daripada pria.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *