Persiapan Membeli Rumah impian

Posted on

Rumahku surgaku. Slogan setiap orang yang ingin memiliki rumah impian. Tidak perlu mahal dan besar, yang penting adalah nyaman dan aman.

Pemilihan rumah untuk ditinggali tentunya tidak asal begitu saja. Perlu perencanaan yang matang, harga yang sesuai dan pemenuhan administrasi lainnya.

Pada kali ini akan dibahas persiapan apa saja yang dilakukan apabila Anda ingin membeli rumah:

Tentukan rumah seperti apa yang Anda inginkan

Kalau Anda belum mempunyai referensi rumah seperti apa yang ingin Anda punya, Anda bisa datang ke pameran rumah sekalian menggali informasi tentang desain rumah yang Anda inginkan. Tapi tentu saja jangan langsung percaya pada gambaran kondisi rumah yang tertera di brosur penjualan.

Baca   Membangun Saling Percaya

Lihatlah beberapa rumah sekaligus, semakin banyak referensi akan semakin baik. Sebaiknya Anda memvisualisasikan dengan jelas desain seperti apa yang Anda inginkan, misal jumlah kamar ada berapa, sebesar apa halamannya, fasilitas-fasilitas umum apa yang Anda inginkan di sekitar rumah, dll.

Jumlah nilai yang harus dibayar

Sebelum menawar rumah tentunya Anda menanyakan berapa harganya. Kadang-kadang ada juga biaya tambahan yang harus Anda bayar, misalnya biaya pemesanan, akta jual beli, sertifikat, dll. Jadi sebetulnya bukan harga rumahnya saja yang harus Anda bayar untuk mendapatkan rumah yang Anda inginkan.

Baca   Contoh Surat Pemutusan Hubungan Kerja (PHK)

Jumlah Dana yang dimiliki

Sekarang cobalah hitung berapa jumlah dana yang Anda miliki, dari sumber apapun yang kemungkinan Anda temukan dimana uang Anda.

Secara tunai atau kredit

Bila Anda belum mempunyai uang cukup untuk membeli rumah, alternatif lainnya adalah Anda bisa membelinya dengan cara kredit.

Siapkanlah dananya

Menyiapkan dana untuk membeli sesuatu yang cukup mahal tidaklah singkat. Anda perlu menabung untuk beberapa waktu agar dananya tercukupi. Oleh sebab itu, membeli rumah juga harus mempunyai niat yang bulat agar dapat diwujudkan. Dimulai dengan doa lalu usaha untuk menabung.

Baca   Jenis Investasi Yang Bisa Dicoba Oleh Mahasiswa

Jangan Anda patokkan harga tertentu karena bisa saja harga rumah yang sudah Anda tandai itu akan naik seiring dengan terjadinya inflasi pada dunia perekonomian.

Kalau Anda membeli rumah dari pengembang biasanya rumah tersebut baru dan harga yang ditawarkan adalah harga pas namun apabila Anda membeli rumah bekas Anda harus siap-siap tawar-menawar dengan si penjual. Jangan lupa juga memperhatikan:

  • harganya sesuai tidak dengan harga pasaran
  • kondisi rumah tersebut
  • sudah berapa lama rumah tersebut ditawarkan untuk dijual

Jangan sampai Anda tertipu dan mengeluarkan uang dengan sia-sia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *