Tips Menuju Kesejahteraan Finansial

Posted on

Tentunya Anda ingin sekali mencapai apa yang diinginkan, termasuk hidup dengan pengelolaan uang yang baik. Mengapa tidak, pengelolaan keuangan yang baik dan tepat akan menuju kesejahteraan finansial dan ini merupakan impian setiap orang. Menurut Muhammad Ichsan, ChFC, MsFin, Praktisi dan akademisi di bidang perencanaan keuangan, ada 8 tips untuk mencapai kesejahteraan finansial, seperti berikut

  1. Motivasi Diri Anda dan Tetapkan Keyakinan Saat Ini. Jika Anda memiliki impian sejak awal, maka mantapkanlah dan mulailah dengan berbagai langkah yang bijak untuk mencapai impian tersebut. Salah satunya membuat catatan kekayaan dengan informasi yang lengkap, catatan ini juga memberikan perkembangan keuangan keluarga Anda.
  2. Tetapkan Tujuan dan Sesuaikan Dengan Kondisi Keuangan. Keuangan keluarga hendaklah memenuhi 5 kriteria yang disingkat SMART : Specific, Measurable, Attainable, Reality-based, and Time-bound yang dapat disimpulkan bahwa keuangan keluarga hendaklah dinyatakan secara spesifik dalam nilai yang terukur serta jangka waktu pencapaianya. Hal ini akan membantu Anda untuk mencapai impian.
  3. Kenali Kemana Uang Anda Dibelanjakan dan Batasilah. Penyusunan anggaran belanja untuk suatu keluarga merupakan pemetaan arah pembelanjaan finansial keluarga. Hal ini sebagai strategi untuk berhati-hati dalam membelanjakan uang. Keputusan finansial yang diambil baik dari sisi pemasukan maupun pengeluaran, akan sangat mempengaruhi arah perjalanan finansial selanjutnya. Sehingga langkah-langkah finansial kecil akan menentukan langkah-langkah besar di masa yang akan datang.
  4. Perhatikan Dua Masalah Keuangan, Overspending dan Debt. Keputusan membeli hendaklah didasari oleh kebutuhan bukan karena dorongan orang sekitar Anda atau ketertarikan dengan promosi yang diberikan. Untuk mengantisipasinya sisihkan 10 % dari gaji Anda guna sebagai alokasi kebutuhan yang lain.
  5. Kekuatan Perencanaan Didukung Dengan Investasi Yang Bijak. Investasi merupakan penempatan dana untuk mendapatkan hasil yang lebih besar. Penempatan investasi pun tidaklah mudah, banyak hal yang harus diperhatikan. Sehingga penentuannya pun butuh perencanaan yang maksimal dan optimal.
  6. Strategi Penyimpanan Kekayaan.“Dont put your eggs in same place“, kalimat ini mengingatkan kita untuk menempatkan dana dan kekayaan kita pada tempat-tempat yang berlainan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko jika terjadi masalah pada tempat penyimpanan.
  7. Jaga Keluarga Anda Dari Risiko Dengan Asuransi. Layanan asuransi memberi perlindungan bagi penggunanya. Asuransi sangat membantu jika kita dalam keadaan terdesak. Sehingga asuransi baik dimasukkan dalam perencanaan yang dapat membantu Anda mencapai kesejahteraan finansial.
  8. Ini Adalah Awal, Bukannya Akhir. Perencanaan merupakan tahap awal yang akan diikuti dengan berbagai proses yang berkelanjutan. Rencana yang telah dibuat, dibutuhkan monitoring,revisi, dan evaluasi agar sesuai dengan keinginan Anda dalam mencapai kesejahteraan finansial. Kehidupan keluarga sangat dinamis sehingga perencanaankeuangannya pun turut mengikuti perubahan tersebut.
Baca   Kerja Remote, Cara Kerja Jaman Now

Semoga tips yang telah diuraikan ini bermanfaat. Mari kita kelola uang kita agar kita dapat menggapai impian yang kita harapkan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *