Alternatif Usaha Untuk Mahasiswa

Posted on

Sebagai seorang mahasiswa tentu ingin mempunyai penghasilan dari hasil sendiri. Pada dasarnya untuk membantu meringankan beban orang tua agar bisa mandiri. Beruntung bagi mereka yang dapat beasiswa tetapi banyak pula yang masih bergantung kepada orang tuanya.

Didorong dengan pemikiran yang kreatif dan inovatif, seorang mahasiswa bisa menghasilkan uang dari berbagai sumber, diantaranya adalah melalui:

1. Menjual barang

Barang apapun selama masih bisa dikonsumsi dan digunakan sebenarnya bisa menghasilkan uang. Yang penting barang yang diperjualbelikan tersebut cocok dengan pasar yang dituju.

Misalnya kalau pasarnya sesama mahasiswa ya coba menjual barang yang bermanfaat bagi mahasiswa dan tentu saja dengan harga yang murah.

2. Menjual keahlian

Kalau Anda ahli dalam bahasa atau ilmu alam gunakanlah keahlian tersebut untuk berusaha. Misal menjadi guru les, dan lain sebagainya. Ini mudah namun bisa juga sulit.

Baca   7 Tips Sukses Kerja di rumah

Sebenarnya tidak perlu modal dana, yang terpenting adalah keahlian.

Namun sering terbentur dengan kepercayaan diri mahasiswa yang bersangkutan. Jangan khawatir, cobalah cari dukungan dari sesama teman untuk meningkatkan semangat Anda.

3. Membuka usaha

Bagi yang punya modal lebih, buka usaha bisa menjadi pilihan. Mulai dri rental, tempat makan, tempat les atau toko kelontong bisa Anda pilih.

Namun karena tugas utama seorang mahasiswa adalah belajar maka perlu diperhatikan masalah waktu, tenaga kerja dan manajemen.

4. Menjadi karyawan

Liburan biasanya menjadi ajang yang tepat untuk sekadar bekerja sebagai karyawan kontrakatau bekerja setengah hari di suatu tempat.

Kalau sedang pada masa perkuliahan ya konsekuensinya adalah masalah waktu. Namun prinsipnya bekerja sebagai karyawan di sini tidak harus dilakukan full dari pagi sampai sore.

Baca   Kepemimpinan Spiritual: Tingkat Kesadaran Menjadi Penentu

5. Network marketing

Pada network marketing, si mahasiswa seperti sedang membuka toko, dan dia bisa mengajak banyak orang di sekelilingnya untuk membuka toko juga seperti dia.

Pada sistem seperti ini, si mahasiswa bisa mendapatkan penghasilan tambahan berupa keuntungan eceran dari penjualan barang. Selain itu juga bisa mengejar penghasilan berupa komisi jaringan.

Mudah-mudahan dengan artikel ini Anda sebagai mahasiswa bisa lebih termotivasi dan percaya diri dalam berwiraswasta tan meninggalkan kewajiban utama, yaitu BELAJAR!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *