Apakah Anda pekerja dengan komputer? Waspadailah

Posted on

Apakah Anda pekerja dengan komputer? Waspadailah. Separuh pekerja yang menggunakan komputer ternyata menderita gangguan sakit pinggang. Cukup mengagetkan hasil statistik yang ditunjukkan oleh United Kingdom Back Care baru-baru ini.

Pekerja yang sehari-hari menghabiskan waktunya di kantor/ruangan, kebanyakan kurang bergerak, sehingga timbul keluhan-keluhan rasa sakit di tulang belakang terutama pinggang, punggung, dan leher. Jangan mengabaikan kesehatan tulang belakang, karena peran tulang belakang sangat penting yaitu merupakan penyangga tubuh yang utama, pelindung saraf, pembuluh darah, dan organ-organ tubuh.

Sebenarnya gejala awal sakit pinggang atau gangguan leher kronis yang berupa pegal-pegal atau kesemutan sudah muncul dalam waktu yang relatif dini, namun gejala-gejala tersebut kebanyakan diabaikan. Sebenarnya tubuh mempunyai daya penyesuaian dan daya memperbaiki, namun biasanya kita tidak waspada ketika tubuh memberikan tanda-tanda awal (body languanges) ini.

Baca   7 Tips Sukses Kerja di rumah

Dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini, bisa dicegah kerusakan tubuh, gangguan sakit pinggang, dan gangguan kesehatan tulang belakang.

  • Perhatikan posisi kursi dan postur tubuh yang benar agar bisa terhindar dari sakit di pinggang, leher, dan punggung. Pilihlah kursi dan meja yang sesuai dengan tinggi badan sehingga Anda dapat bekerja tanpa membuat kepala selalu menunduk atau menengadah.
  • Perhatikan central gravitasi tubuh Anda. Berusahalah untuk duduk tegak dengan memperhatikan garis jatuh/gravitasi; telinga, pundak, dan pinggul berada dalam satu garis lurus.
  • Usahakan monitor komputer selalu setinggi pandangan mata. Bila perlu gunakan reading stand untuk menyangga buku/material yang digunakan.
  • Perhatikan keyboard atau penggunaan mouse komputer sehingga pergelangan tangan tidak dalam keadaan extension/tertekuk.
  • Jangan duduk sepanjang hari, berdirilah dan lakukan peregangan setiap 30-45 menit.
  • Perhatikan cara memegang telepon dengan benar. Jangan berbicara di telepon dengan menjepit pesawat telepon di leher, sementara tangan sambil menulis. Posisi tersebut bisa menyebabkan ketidakseimbangan pada otot-otot leher.
  • Hindari pekerjaan dengan posisi tangan di atas kepala untuk jangka waktu lama, kalau perlu gunakan kursi bantu untuk membantu agar mata tetap pada pandangan lurus/eye level. – Angkatlah barang apa pun sesuai dengan kekuatan Anda, jangan asal mengangkat. Tekuk lutut dan selalu angkat barang dengan membawanya dekat ke tubuh.
Baca   PERUBAHAN PARADIGMA DALAM PENGEMBANGAN KARIER

Sumber: Sehatalami.co