Kiat Cerdas Mencicil Rumah

Posted on

Memiliki rumah sendiri merupakan idaman baik Anda yang sudah berkeluarga maupun tidak. Dengan rumah sendiri, Anda mengurangi ketergantungan Anda dengan orang tua atau mungkin dengan kerabat Anda juga.

Tentu ketika Anda ingin membeli rumah butuh pengorbanan yang besar.

Terutama tentang dana awal dan cicilan tiap bulannya. Namun konsentrasi Anda tidak hanya membeli rumah saja, masih banyak hal yang harus dilakukan terutama mengenai uang.

Oleh karena itu, cobalah Anda mencicil rumah Anda dengan cermat agar keuangannya tidak mengalami masalah. Berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda ketika mencicil rumah:

Mencari bunga ringan

Carilah kredit pinjaman rumah yang bunganya termasuk ringan. Banyak bank yang menawari kredit pinjaman rumah yang menggunakan sistem flat. Maksudnya ialah bunga tersebut tidak berubah hingga masa pinjaman berakhir.

Baca   Kiat Sukses Wawancara Saat Melamar Pekerjaan

Pilih bank yang sudah Anda kenal

Direkomendasikan kepada Anda untuk memilih bank yang sudah cukup lama menyediakan kredit rumah. Selain itu juga Anda dapat mencari bank yang terbukti berjalan baik dengan tingkatan keluhan yang rendah.

Batasi besar cicilan Anda

Hendaknya Anda membeli rumah yang cicilannya tidak lebih dari 1/3 gaji Anda. Sebab Anda memiliki konsentrasi laij selain rumah. Ada juga beberapa bank yang membolehkan Anda untuk mencicil 1/3 dari gaji gabungan Anda dan pasangan Anda. Sehingga Anda tidak terlalu terbebani dalam mencicil rumah.

Baca   Alat Kerja Jarak Jauh Terbaik untuk Bekerja Efektif di Rumah

Menilai rumah yang realistis

Ketika Anda ingin membeli rumah, buatlah simulasiagar plafon nilai rumah Anda realistis. Mulai diperhitungkan segalanya dari uang muka yang digunakan dari tabungan, sisa tabungan, dan juga penentuan berapa lama Anda mencicil rumah. Semakin lama Anda mencicil, semakin tinggi bunganya.

Teruslah menabung

Anda sudah bisa mencicil rumah? Sudah ditentukan berapa lama Anda mencicil? Namun perhatikan juga tentang tabungan Anda. Pastikan Anda tetap menabung walau Anda harus mencicil. Sehingga keuangan Anda dapat terkendali.

Baca   5 Cara untuk Menghemat Keuangan Keluarga Muda

Biaya Administrasi

Siapkan uang sekitar 10% dari nilai rumah untuk biaya administrasi. Hal ini agar tidak merepotkan Anda ketika memiliki rumah. Biaya administrasi ini berupa membayar pajak dan notaris saat penandatanganan sertifikat rumah.

Membeli kebutuhan awal

Banyak hal yang harus dibeli setelah membeli rumah. Berbagai perabot rumah yang mendukung aktivitas Anda di rumah. Prioritaskan berbagai barang yang benar-benar dibutuhkan seperti peralatan makan, tidur, mandi.

Demikian uraian tips yang dapat Anda lakukan. Semoga bermanfaat dan Anda pun dapat lebih cermat dalam mencicil rumah. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *