Gaji Tak Habis

Langkah tepat Melamar kerja

Posted on

Dalam kehidupan ini, pekerjaan menjadi sebuah keharusan. Pekerjaan tidak hanya untuk mencari nafkah, melainkan juga dapat menyelamatkan seseorang dari sebuah celaan orang lain dengan status pengangguran. Kuota pekerjaan yang berada di negeri ini sangat tidak sebanding dengan angka pengangguran dan angka kemiskinan di indonesia.

Oleh karena itu, dalam persaingan yang sangat ketat ini kita harus dituntut tanggap dan cepat dalam memilih sebuah pekerjaan. Akan tetapi, memilih pekerjaan tidak hanya sekedar memilih. Pelamar barus tahu dan jeli betul memilih sebuah pekerjaan. Langkah ini untuk mengantisipasi orang atau pekerjaan yang hanya ingin mengeksploitasi tenaga para pekerjanya. Atau bisa saja menjadi korban penipuan pekerjaan.

Baca   Berbagai Macam Investasi Syariah

Selain beberapa syarat yang harus dipenuh dalam sebuah pekerjaan, ada baiknya seorang pelamar harus mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan berikut ini.

Informasi Perusahaan

Informasi perusahaan sangatlah penting. Seringkali orang melamar pekerjaan ke suatu perusahaan yang tidak tahu seluk-beluknya. Asal diterima, oke. Ini beresiko. Anda harus kenal terlebih dahulu perusahaan yang ingin anda tempati.

Ada juga perusahaan yang tidak membuka lowongan tetapi anda mengajukan lamaran. Alangkah baiknya jika sebelum Anda melamar ke perusahaan tersebut, ketahui terlebih dahulu apakah perusahaan itu sedang membuka lowongan atau tidak.

Baca   Membangun Kepercayaan Diri

Profesional dan jenjang karir

Pada wilayah ini, keprofesionalan sebuah perusahaan dan jenjang karir pekerjaan harus dilacak. Memang, taraf tidaklah begitu penting bagi yang mepet menginginkan sebuah pekerjaan. Tetapi, mengetahui kedua informasi adalah langkah unutk mengetahui kesejahteraan anda.

Mendiskripsikan Diri dengan Baik

Deskripsikan diri anda dengan baik melalui surat lamaran yang akan dikirimkan. Hal tersebut untuk mendapatkan kesan pertama yang baik. Jika perusahaan melakukan wawancara kerja melalui via telepon, pastikan Anda menggunakan etika berbicara melalui telepon dengan baik.

Ada baiknya pula anda mencari tahu terlebih dahulu informasi bagaimana cara penilaiannya, dan berapa lama waktu yang dibutuhkan dan seperti apa kira-kira pertanyaan yang akan diberikan.

Baca   6 Tips Jadi Pendengar yang Baik di Kantor

Pekerjaan yang Sesuai Kemampuan

Ada dua priorita sebuha perusahaan menilai sebuah keprofesionalan seseorang, yaitu dari kemampuan dan dari keahlian dibidangnya. Tidak sedikit orang melamar pekerjaan yang tidak sesuai dengan kemampuan dan bidang yang ditempuh.

Jika Anda termasuk orang yang demikian, sebaiknya hindari untuk melamar ke perusahaan dan meminta posisi kerja yang tidak anda kuasai. Bagi pelamar, keahlian bidang tak jadi masalah, tetapi kemampuan utlah masalahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *