Pangkas Pengeluaran dengan Cerdas

Posted on

Tiap bulan, Anda pasti memiliki pengeluaran, entah itu lebih kecil dari pendapatan atau mungkin bisa lebih dari pendapatan. Pengeluaran tiap bulan terkesan sama dan monoton, bahkan Anda susah untuk menabung atau berinvestasi karena pengeluarannya begitu banyak dan benar-benar habis dengan keperluan sebulan itu saja.

Jika Anda lebih cermat untuk mengutak-atik pengeluaran, Anda dapat menabung untuk keperluan yang akan datang atau berinvestasi untuk mencari keuntungan selanjutnya. Berbagai cara untuk memangkas pengeluaran dapat kita lakukan, seperti berikut ini

Sehat bersama air mineral. Jikalau Anda biasa dengan mengonsumsi minuman ringan, saatnya Anda beralih pada air mineral. Di sisi lain air mineral sangat baik untuk kesehatan. Untuk kesehatan mengapa tidak? Sudah sehat, hemat pun didapat.

Baca   Pinjam Uang Karena Kurang Biaya Untuk Nikah?

Jalan-jalan bersama sepeda. Di kota-kota jarang sekali orang menggunakan sepeda. Padahal bersepeda dapat menyehatkan badan, mengurangi efek globel warming, bahkan biayanya juga murah. Bayangkan di jalan banyak orang yang bersepeda dan kendaraan bermotor mulai berkurang. Udara bersih dan tidak ada macet.

Makanan sehat dari rumah. Dulu ketika masih kecil, ibu kita suka membuat bekal makanan untuk dimakan saat jam istirahat. Bekal makanan tidak hanya berlaku untuk anak kecil saja, semua orang bisa membuat bekal makanan untuk jam istirahat kuliah atau kerja. Dari sini juga kita dapat berhemat dan mendapat asupan gizi yang baik dan sehat.

Baca   Aplikasi Komunikasi Perusahaan Terbaik pada tahun 2021

Sehat tanpa merokok. Banyak orang yang sudah kecanduan merokok dan banyak pula uang yang dikeluarkan untuk merokok. Padahal rokok itu sudah jelas mengganggu kesehatan.

Bagi Anda yang suka merokok, mari kita kurangi hingga Anda benar-benar bebas dari rokok. Hitunglah berapa besar uang yang telah Anda keluarkan untuk merokok. Kalau uang untuk rokok tersebut dialokasikan untuk tabungan, betapa banyaknya uang Anda ketika di akhir bulan.

Tren yang kreatif. Baju bagus dan bermerk terkadang membuat kita tergiur untuk membelinya. Ingin mengikuti tren istilahnya. Padahal kita masih bisa untuk mengulik-ulik pakaian kita dan juga aksesoris kita agar tetap mengikuti tren.

Baca   Panduan Penanganan Kode Error Layanan Online - eForm

Kreativitas membuat kita semakin hemat dan semakin bangga dengan hasil sendiri.
Kumpulkan uang kecil. Banyak uang kecil dari hasil transaksi. Jika Anda kumpulkan, semakin lama semakin banyak. Dari sini pula kita dapat penghasilan.

Buku catatan pengeluaran. Cobalah memulai untuk membuat buku catatan pengeluaran. Hal ini sebagai pengendalian keuangan.

Konsultan keuangan. Bingung dengan pengeluaran Anda? Carilah teman atau rekan yang cocok sebagai konsultan keuangan. Hal ini dapat membantu Anda untuk mengendalikan pengeluaran.

Masih banyak cara untuk melakukan pemangkasan pengeluaran. Selamat mencoba dan semoga menjadi hal yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *