Perlengkapan yang Harus Dibawa Mendaki Gunung Semeru

Posted on

Liburan memang sebuah aktivitas yang sangat ampuh didalam menghilangkan penat. Anda juga tentunya sangat ingin menghilangkan penat dengan liburan bukan? Buat Anda yang para traveler yang hobi mendaki gunung nih, ada baiknya Anda coba untuk melakukan perjalanan wisata menuju Gunung Semeru.

Gunung ini tertinggi lho di Jawa dan ada banyak destinasi menarik yang dapat Anda temukan kalau sedang mendaki gunung di Gunung Semeru mulai dari Ranu Kumbolo, oro – oro ombo sampai berada di puncak Gunung Semeru. Lalu apa saja kira – kira perlengkapan yang harus dibawa mendaki Gunung Semeru?

Perlengkapan yang Harus Dibawa Mendaki Gunung Semeru

Bagi Anda yang akan mendaki Gunung Semeru atau bisa juga gunung – gunung lainnya, beberapa peralatan yang Anda perlu bawa diantaranya :

Peralatan carriel atau tas gunung

Perlengkapan yang satu ini merupakan sebuah perlengkapan wajib pada masing – masing individu dimana tas ini memiliki fungsi untuk membawa dan menampung barang bawaan serta perlengkapan lainnya didalam mendaki gunung. Bedanya tas carriel atau tas gunung dibandingkan tas biasa, tas gunung ini memiliki kapasitas yang lebih besar dan digunakan untuk kapasitas 45 liter, 65 liter, 75 liter, 85 liter dan masih banyak lagi.

Baca   Wisata Air Terjun yang Terkenal Di Indonesia

Jangan lupa bawa jaket

Jaket juga termasuk salah satu peralatan mendaki yang sangat penting dan tentu saja sifatnya wajib. Jaket ini berguna untuk mengurangi rasa dingin sehingga nantinya panas tubuh akan tetap terjaga. Hal ini tentu berguna untuk menghindari hal buruk yang tidak Anda inginkan karena dingin. Bahkan ini untuk mengantisipasi hipertemia atau kedinginan yang seringkali dialami oleh pendaki. Tentu Anda tidak ingin sakit ketika mendaki bukan?

Gunakan sepatu atau sandal gunung

Mendaki gunung nantinya akan melewati beragam medan yang sangat dinamis dengan tanah yang bergelombang, batu – batuan, akar, genangan air dan juga tanah yang berpasir. Karenanya Anda sangat dianjurkan untuk mengenakan sandal atau sepatu khusus gunung.

Baca   Paradesa Park, Panoramic Cafe and Resto, Viral di TikTok

Sepatu gunung ini memiliki pijakan yang telah disesuaikan supaya nantinya cengkraman Anda bisa kuat didalam melalui beragam medan. Dan pijakan kuat ini juga untuk menghindari adanya kecelakaan karena sepatu yang tidak cocok selama masa perjalanan.

Jangan lupa jas hujan atau ponco

Hujan atau tidak nantinya jas hujan atau ponco tetap Anda bawa. Karena Anda tidak dapat mengantisipasi hujan dan jika memang hujan tidak akan ada tempat untuk Anda berteduh. Jadi dengan adanya jas hujan pakaian Anda akan tetap kering sehingga Anda juga akan selalu terjaga pakaiannya.

Demikian sedikit informasi yang kali ini bisa kami berikan untuk Anda. Semoga informasi diatas mengenai Perlengkapan yang Harus Dibawa Mendaki Gunung Semeru bermanfaat. Selamat mendaki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *