Peringatan Batas Kecepatan pada Google Maps
Peringatan Batas Kecepatan pada Google Maps

BAHAN AJAR PEMANDUAN PERJALANAN WISATA PEMANDUAN

Posted on

BAHAN AJAR PEMANDUAN PERJALANAN WISATA
Pages: 1 – 30

PERJALANAN WISATA

KELAS XII

PEMANDUAN PERJALANAN WISATA

KATA PENGANTAR i

Sistem pembelajaran di SMK selain memberikan pengalaman belajar bagi peserta didik secara teoritis juga memberikan pengalaman mengaplikasikan pengetahuan yang mereka peroleh dalam wujud produk yang sesungguhnya. Dalam sistem pembelajaran di SMK, ada bermacam-macam kompetensi pilihan yang ditawarkan bagi peserta didik. Hal ini bertujuan agar peserta didik mendapat bekal untuk berkompetensi di masyarakat.

Program studi pariwisata dan perhotelan adalah bidang yang berkembang dengan dinamis dan tidak terpengaruh oleh krisis ekonomi global, sehingga dibutuhkan pekerja yang memiliki etos kerja dan berkemampuan di bidangnya.

Di Indonesia secara umum sektor pariwisata memiliki peluang yang sangat besar, sehingga siswa yang mengambil jurusan pariwisata dan perhotelan tidak perlu khawatir terhadap peluang kerja yang sesuai dengan bidang keahlianya.

Prorgam keahlian usaha perjalanan wisata memiliki cakupan materi yang sangat luas. Pada program ini siswa seolah – olah diajak untuk berwisata ke seluruh pelosok tanah air dan mengunjungi objek wisata di seluruh dunia.

Peserta didik akan mempelajari materi pemanduan wisata lintas kota, tata cara menjemput dan mengantar wisatawan, memandu wisatawan individu dan rombongan, memandu wisatawan dengan minat khusus, cara mengatasi keadaan darurat serta bagaimana menyusun laporan setelah melakukan pemanduan wisata.

Diharapkan dengan adanya buku ini dapat mempermudah pemahaman peserta didik dalam mempelajari pemanduan wisata. Selain itu, buku ini diharapkan memberi masukan positif bagi pendidik untuk bisa lebih baik
memberikan bimbingan bagi peserta didik di masa yang akan datang.

Payakumbuh, 01 November 2020

 

SRI WAHYUNI SST.PAR

PEMANDUAN PERJALANAN WISATA

DAFTAR LEMBAR KERJA iii

No | Pertanyaan | Sudah – Belum

  1. Saya sudah mampu memahami lokasi pameran
  2. Saya sudah mampu memahami jenis venue
  3. Saya sudah mampu menganalisis ruang lingkup lokasi pameran
  4. Saya sudah mampu menentukan langkah-langkah menetukan lokasi venue

Keterangan

Jika daftar Cek Kemampuan anda jawabannya SUDAH semua, maka Anda dapat melanjutkan pada modul berikutnya. Jika daftar Cek Kemampuan anda salah satu jawabannya BELUM, maka Anda belum dapat melanjutkan pada modul berikutnya, dan berkonsultasilah dengan Guru untuk mendapatkan materi tambahan

PEMANDUAN PERJALANAN WISATA

PENDAHULUAN 1

DESKRIPSI

Pelayanan seorang tour guide atau pramuwisata terhadap tamu dapat saja dimulai dari penjemputan di bandara, atau di stasiun Kereta Api, atau di terminal Bus atau dititik penjemputan yang telah disepakati bersama, kemudian
diantar ke hotel atau penginapan lainnya.

Pelayanan di bandara ini termasuk mengkonfirmasi tiket, mengurus bagasi, dan dokumen imigrasi tamu. Sementara dalam mengantar ke hotel, tamu diinformasikan hal-hal penting yaitu tentang itinerary, tempat-tempat yang sedang dilewati dan yang akan dikunjungi serta tempat penginapan yang akan ditinggali.

Namun, penjemputan bisa juga dilakukan dari tempat penginapan ke tempat wisata. Sehingga pengertian Transfer In adalah pelayanan kepada tamu atau wisatawan dari titik penjemputan ke tempat penginapan atau ke tempat wisata, yang mana pelayanan ini menyangkut semua pengurusan di Bandara atau di setasiun Kereta api atau di terminal Bus dan lain-lain sampai pada semua pengurusan Check- In di tempat penginapan.

PETUNJUK PENGGUNAAN

Bagi Guru

  • Berikan modul ini sebelum proses pembelajaran dimulai
  • Informasikanlah tentang cara pemakaian modul, cara pembelajaran, cara penilaian, bahan, waktu dan alat yang dibutuhkan
  • Bimbinglah peserta didik agar tidak mendapat kesulitan dalam mempelajari modul ini
  • Persiapkan semua fasilitas yang diperlukan saat proses pembelajaran modul ini agar menncapai kompetensi yang diharapkan
  • Berikanlah kesempatan tanya jawab kepada Peserta Didik
  • Manfaatkan media dan sumber belajar yang mendukung
  • Monitor dan catat kemajuan peserta didik serta lakukan evaluasi

Bagi Peserta Didik 

  • Bacalah modul ini sebelum proses pembelajaran berlangsung dengan cermat, teliti, dan benar.
  • Diskusikan dengan sesama peserta didik jika anda kurang paham dalam proses pembelajaran. Bila masih ragu, maka tanyakan kepada Guru sampai paham
  • Kerjakan tugas -tugas yang diberikan secara individu dengan teliti , jujur, serta bertanggung jawab.
  • Apabila anda telah menguasai materi maka mintalah kepada guru untuk menguji anda
  • Jika peserta didik belum dapat menguasai modul ini maka peserta didik tidak dapat melanjutkan ke modul berikutnya

TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah melakukan diskusi dan menggali informasi, Peserta didik dapat :

  • Menganalisis pengertian transfer in dari kedatangan ( Bandara, Stasiun, Pelabuhan) ke hotel dengan baik dan tepat
  • Merinci prosedur pra kedatangan wisatawan dengan benar dan tepat
  • Mendemonstrasikan prosedur penjemputan wisatawan dengan tertib
  • Mengelola prosedur check in dengan penuh tanggung jawab

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI INTI 3 KOMPETENSI INTI 4  (PENGETAHUAN) (KETERAMPILAN)

Memahami, menerapkan, Melaksanakan tugas spesifik dengan menganalisis, dan menggunakan alat, informasi, dan mengevaluasi tentang pengetahuan prosedur kerja yang lazim dilakukan faktual, konseptual, operasional serta memecahkan masalah sesuai dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang kerja Usaha dengan bidang dan lingkup kerja Perjalanan Wisata.

Menampilkan Usaha Perjalanan Wisata pada kinerja di bawah bimbingan dengan tingkat teknis, spesifik, detil, dan mutu dan kuantitas yang terukur kompleks, berkenaan dengan ilmu sesuai dengan standar kompetensi
pengetahuan, teknologi, seni, kerja.

Menunjukkan keterampilan budaya, dan humaniora dalam menalar, mengolah, dan menyaji konteks pengembangan potensi diri secara efektif, kreatif, produktif, kritis, sebagai bagian dari keluarga, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan sekolah, dunia kerja, warga solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang masyarakat nasional, regional, dan dipelajarinya di sekolah, serta mampu
internasional melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

KOMPETENSI DASAR Menunjukkan keterampilan

Menerapkan Transfer in dari mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, tempat kedatangan menjadikan gerak alami dalam ranah (bandara,stasiun,pelabuhan) ke konkret terkait dengan hotel pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung

KOMPETENSI DASAR

Melaksanakan Transfer in dari tempat kedatangan ( Bandara, Stasiun, Pelabuhan) ke hotel

Pengertian Transfer InTransfer in

Prosedur pra  kedatangan wisatawan Prosedur kedatangan wisatawan

Prosedur check in

Contoh kegiatan transfer in

Perhatikan gambar di atas! Pernahkah Anda melihat pemandangan seperti pada gambar, di area kedatangan wisatawan? Kegiatan apa yang dapat Anda amati di area tersebut? Pada bab ini kita akan mempelajari lebih lanjut tentang pengertian dan prosedur penjemputan wisatawan yang dikenal dengan istilah transfer in.

MATERI PEMBELAJARAN

1. Pengertian Transfer in

Indonesia terkenal akan keindahan alam dan keanekaragaman budayanya sehingga menjadikan sektor pariwisata berkembang pesat. Setiap tahun jumlah wisatawan mengalami peningkatan. Dengan meningkatnya wisatawan, maka jasa – jasa untuk memenuhi kebutuhan wisatawan tersebut juga akan meningkat. Salah satu jasa penunjang kebutuhan wisatawan adalah biro perjalanan wisata.

Biro perjalanan wisata (BPW) adalah usaha yang bergerak di bidang jasa wisata. Salah satu jasa yang ditawarkan oleh biro perjalanan wisata adalah paket wisata. Di dalam paket wisata sering terdengar istilah Transfer In.

 

Transfer in adalah pelayanan

kedatangan wisatawan di bandara/

pelabuhan/terminal/stasiun dimana

wisatawan pertama kali tiba dan

ditangani oleh seorang

pramuwisata.

Seorang pramuwisata

2. Prosedur Pra Kedatangan Wisatawan

Prosedur pra-kedatangan wisatawan di industri pariwisata jasa tour and travel sangatlah dibutuhkan, wisatawan sering menggunakan jasa ini ketika melakukan perjalanan wisata. Biro jasa ini juga melayani penjemputan tamu baik wisatawan yang turun di bandara, stasiun, termial, maupun di pelabuhan. Sebelum melakukan penjemputan wisatawan ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, diantaranya sebagai berikut:

 Mengumpulkan Informasi Tentang Wisatawan Sebagai seorang pramuwisata, kita dituntut untuk mengetahui segala informasi yang berhubungan dengan calon wisatawan yang meliputi:

a. Transportasi yang digunakan (pesawat, bus, kereta api, atau kapal laut)
b. Jadwal kedatangan calon wisatawan, meliputi:
1) Tanggal kedatangan
2) Perkiraan waktu kedatangan
3) Mengatasi dan memberikan solusi jika terjadi perubahan jadwal

 Menyediakan transportasi yang akan digunakan wisatawan selama tour (Bus atau mobil) dan mengetahui secara detail tentang informasi penyedia jasa transportasi yang digunakan (nama supir, jenis kendaraan yang digunakan, dan nomer telephone). Berikut contoh kendaraan yang biasa digunakan oleh biro perjalanan wisata:

a. Jumlah penumpang 6 – 8 orang
b. Jumlah penumpang 12 – 19 orang
c. Jumlah Penumpang 25 – 31 orang
d. Jumlah penumpang 43 – 59 orang

 Membuat papan nama yang bertuliskan nama wisatawan agar mudah dicari dan dikenali.

 Konfirmasi ulang kepada pihak penginapan yang akan ditempati oleh wisatawan.

Baca   PT KB FINANSIA MULTI FINANCE CABANG LAHAT LOWONGAN KERJA KREDIT PLUS LAHAT

 Menyiapkan label baggage (tanda pengenal bagasi)

 Dokumen – dokumen yang harus dipersiapkan, diantaranya:

  • Daftar nama wisatawan
  • Tanda pengenal
  • Voucher hotel
  • Itinerary (rencana perjalanan)

3. Prosedur Penjemputan Wisatawan

  • Datang lebih awal sebelum waktu kedatangan. Pemandu wisata lebih baik menunggu daripada datang terlambat karena waktu  berhubungan dengan profesionalitas kerja, penjemputan tepat waktu ini juga berdampak positif pada perusahaan yang menaungi tour guide tersebut.
  • Memastikan waktu kedatangan pada pusat pelayanan informasi
  • Menunggu kedatangan wisatawan di area penjemputan
  • Memperkenalkan diri beserta team kepada wisatawan Ketika bertemu dengan wisatawan pada saat transfer in hal pertama yang harus dilakukan adalah perkenalan diri, perkenalan diri ini sangatlah penting karena berkaitan dengan etika yang baik sebagai seorang pemandu wisata. Berikut ini tahapan – tahapan yang dilakukan guide dalam memperkenalkan diri :

A. Meeting Service

Pertemuan pertama kali antara guide dan wisatawan di tempat penjemputan. Guide yang telah tiba lebih awal langsung menuju ke pintu keluar untuk wisatawan dengan membawa papan nama yang bertuliskan nama wisatawan agar wisatawan mudah mencari dan mengenali guide yang bertugas menjemputnya dan mengarahkan wisatawan ke tempat parkir kendaraan.

B. First luggage handling

  1. Menyiapkan list barang bawaan wisatawan
  2. Mengumpulkan semua barang bawaan wisatawan dan mengecek jumlahnya
  3. Memasukkan barang bawaan wisatawan kendaraan yang digunakan

c. Introduction
Perkenalan secara formal sebagai guide Mengucapkan salam : selamat pagi, siang dan malam

Ucapan selamat datang :
Bapak / Ibu rombongan yang saya hormati selamat datang dan selamat bergabung bersama (nama biro perjalanan wisata) dan saya ucapakan banyak terimakasih telah menggunakan jasa (nama biro perjalanan wisata) dan semoga perjalanan Bapak / Ibu bersama kami akan mendapatkan kenyamanan dan kelancaran serta selalu diberi keselamatan dari berangkat sampai pulang ke rumah masing – masing.

Perkenalan :
Perkenalkan nama saya (…………….), saya disini sebagai guide perwakilan dari (biro perjalanan wisata) yang akan menemani perjalanan Anda, dan sebelah saya ini adalah driver (nama driver)

Pemberitahuan :
1) Menjelaskan itinerary (rencana perjalanan)
2) Menjelaskan fasilitas kendaraan seperti AC, toilet, palu untuk memecahkan kaca ketika keadaan darurat.

 Photo Stop
Photo shop ini dilakukan ketika ada permintaan dari wisatawan untuk berhenti di tempat yang diminati untuk sekedar foto serta beristirahat sejenak. Pada kawasan yang aman, nyaman dan pemandangan yang indah.

 Toilet Stop

Toilet stop ini untuk memberikan kesempatan kepada wisatawan yang ingin ke toilet, kendaraan akan berhenti ketika ada permintaan dari penumpang dan guide akan memberitahukan seberapa lama kendaraan akan berhenti.

4. Prosedur Check In

Wisatawan yang melakukan perjalanan jarak jauh akan membutuhkan fasilitas penunjang, salah satu fasilitas penunjangnya adalah tempat penginapan. Dengan menggunakan jasa biro perjalanan, wisatawan mendapatkan paket wisata yang di dalamnya termasuk tempat penginapan. Biro perjalanan wisata akan menugaskan seorang pemandu wisata untuk menangani segala administrasi. Berikut ini prosedur yang harus dilakukan oleh pemandu wisata untuk proses check in :

1. Melakukan reservasi

2. Prosedur check in pada saat kedatangan

  • Pemandu wisata menyampaikan apabila sudah tiba di hotel.
  • Mempersilahkan wisatawan menunggu di loby dengan menikmati welcome drink sambil menunggu pemandu wisata menyelesaikan administrasi.
  • Membagikan kunci hotel dan menjelaskan fasilitasnya.
  • Meminta porter untuk membawa barang bawaan tamu.
  • Menjelaskan tentang breakfast voucher.
  • Menjelaskan tentang itenerary (rencana perjalanan).
  • Memberikan kesempatan kepada wisatawan untuk bertanya.

3. Komunikasi yang dapat dibangun antara tour guide dan wisatawan  contoh tahapan komunikasi dalam prosedure transfer in adalah sebagai berikut:

Menyambut Wisatawan/ Grup
1) Selamat Pagi / Siang / Sore / Malam Bapak Ibu sekalian
2) Selamat datang di …….( sebutkan nama bandara, pelabuhan, terminal dan kota kedatangan). Bagaimana perjalanan Anda ?
3) Perkenalkan saya ……………. (sebutkan nama pramuwisata ) …………..(nama biro perjalanan).
4) Bolehkah saya tahu, siapa ketua rombongan dalam grup ini? (untuk grup) Welcome Grup / Tourist
5) Good morning / afternoon / evening ladies and gentlemen
6) Welcome to ……… (mention the name of Airport, harbour, bus station and the name of the city). How is your journey?
7) I am ….. (meniton the name of the guide) from ……..(name of the travel agency)
8) May I know who is the tour leader please? (for grup)

Menanyakan Bukti Bagasi
1) Bapak ibu sekalian, bolehkah saya meminta bukti bagasi Anda?
2) Terimakasih. Ada ……. Bagasi, benarkah? Asking For Baggage Tag
3) Ladies and gentlemen, may I have your baggage tag?
4) There are …….. baggages aren’t they?

Meminta untuk menunggu
1) Ladies and Gentlemen, please wait me here, I am going to arrange your baggages
2) if you need to go to the toilet, there is toilet on the right / left side (giving direction)
3) if you need to change yor money, please go to the counter in front of information office ( or other direction), do you have any questions?
4) Thank you

Meminta Bantuan Porter
1) Porter, bisakah anda membantu saya untuk, mengambil bagasi grup saya?
2) Ada …… bagasi (jumlah bagasi), ini bukti bagasinya.
3) Terimakasih
4) Porter, bagaimana dengan bagasi – bagasinya, apakah sudah lengkap?
5) Terimakasih, tolong dimasukkan ke bus …….. (nama bis dari perusahaan Anda)

Asking Porter Assistance
1) Porter, could you help me to arrange my group baggage please?
2) There are ……… (number of baggages), there is the baggage tag
3) Thank you
4) Porter, how about the baggage, are everything OK?
5) Thank you, please put them into the bus …. (name of the bus/ tansport)

Memanggil Wisatawan
1) Bapak ibu sekalian, semua bagasi Anda sudah di dalam kendaraan, mari kita menuju kesana
2) Posisi pramuwisma di depan pintu kendaraan, sambil mengecek jumlah wisatawan Calling the group
3) Ladies and Gentlemen, all of your baggages have been on board
4) Please go on board. Mind your head and mind your step.
5) Guide position in front of the bus door, while checking the tourist

Pada Saat di Bis

  1. Bapak ibu sekalian. Selamat datang di ………(nama bis/angkutan perusahaan anda)
  2. Saya ingin memperkenalkan kembali nama saya. Nama saya adalah …….. (nama pramuwisma) dan Anda dapat memanggil saya dengan panggilan ………(nama panggilan Anda)
  3. Saya akan menjadi pramuwisata Anda selama perjalanan transfer kita menuju hotel ….. (nama hotel)
  4. Bapak/Ibu sekalian. Sekarang kita meninggalkan bandara ………………. ( nama Bandara). Kita akan berbelok ke kiri / kanan (sesuai arah) menuju ……(nama kota tujuan). Kita akan menuju kota …… (nama kota) melalui
    ……. (nama jalan yang dilalui). Ini adalah jalan terdekat menuju kota ….(nama kota). Sekarang kita berada di depan pintu gerbang ……… (nama kota/ wilayah) dan menuju ……. (menginformasikan nama kota tujuan jikalau bandara berada di luar kota tujuan)
  5. Bapak ibu sekalian di sebelah kanan/kiri, Anda dapat melihat ……..  (informasikan hal – hal yang menarik bagi wisatawan yang berada disekitar bis selama perjalanan menuju hotel) dalam perjalanan Anda menuju hotel ……. (nama hotel)
  6. Bapak ibu sekalian, wilayah ini adalah ………….
  7.  ………. (informasikan karakteristik wilayah tersebut yang akan menarik bagi wisatawan untuk diketahui). On the Bus
  8. Ladies and Gentlemen, welcome on board of ……… (name of your travel agent’s)
  9. I would like to reintroduce my self. My name is ……(guide’s name) and you can call me ….. (your nick name)
  10. I am your guide during your transfer in to your hotel, ……….. hotel. (name of the hotel)
  11. Ladies and Gentlemen, no we are leaving from ……. Airport ( name of the airport) we are turning (right/left) to ………(name of the city). We are going to ……..(name of the city) through …………….. (name of the road). This is the new toll road. Now we are in ……(name of the city) gateway and leaving from ……(this is informee if the Airport outside oc the capital city).
  12. Ladies and Gentlemen on your left and your right side you can see ……………….. (inform the overview and the spots around the transport) along your way to ……… hotel (name of the hotel)
  13. Ladies and Gentlemen, this area …….. (inform the characteristhis of the area that are interesting to be informed to tourists)
Baca   JDA Store/Jawara Grup membuka lowongan Customer Service

Tiba di Hotel

  1. Bapak ibu sekalian, kita sudah tiba di hotel …………………….(nama hotel). Silahkan turun dari bis dan silahkan Anda menuju lobby hotel, saya akan mengatur bagasi – bagasi Anda dan kamar Anda. Terimakasih. Arrive
    at Hotel
  2. Ladies and Gentlemen, now we are arriving at …….. hotel (name of the hotel). Please get off the bus and keep walking to the lobby, I am arranging your baggages and your rooms. Thank you

 At the Hotel
Dengan Staff Hotel Dengan Room Boy
1) Selamat pagi/siang/sore/malam
2) Tolong kumpulkan bagasi grup saya, ada …….. bagasi (jumlah bagasi). Terimakasih.

With Room Boy
1) Good morning/afternoon/evening
2) Please arrange my group’s baggages, there are …….. baggages. Thank you.

Dengan Resepsionis
1) Selamat pagi/siang/sore/malam
2) Saya ingin check in untuk grup saya. Nama grup saya adalah …… (nama grup)
3) Apakah kamar – kamar mereka sudah siap?
4) Terimakasih, ada …… kamar (jumlah kamar untuk grup)

With Recepsionist
1) Good morning, I would like to do check in for my group. It is ………. Group.  (name of the group)
2) Are the rooms ready to be accomodated?
3) Thank you, there are ……. Rooms (number of rooms for the group) aren’t they? i.

Speaking with Tourist
Berbicara dengan Wisatawan
1) Bapak ibu sekalian
2) Selamat datang di hotel ……….. (nama hotel)
3) Ini kunci kamar Anda, silahkan diambil dan selamat menikmati istirahat Anda.
4) Jika Anda membutuhkan bantuan, silahkan hubungi resepsionis
5) Makan malam Anda akan siap di restoran ….. (nama restoran di hotel) pada pukul 7 sampai dengan 9 malam)
6) Makan pagi Anda akan disiapkan di tempat yang sama besok pagi pada pukul 6 sampai dengan 10 pagi
7) Saya akan menenmui Anda besok pagi pukul 8 untuk melaksanakan perjalanan wisata
8) Selamat bersitirahat’sampai jumpa

With Tourists
1) Ladies and Gentlemen
2) Welcome to …. Hotel (name of the hotel)
3) Here are your keys, please have your keys and enjoy your stay
4) If you need any assistance please contact the receptionist
5) Your dinner will be ready at ……. Restaurant (the name of hotel’s restaurant) at 7 pm to 9 pm
6) Your breakfast will be ready at the restaurant tomowrrow morning at 6 am t0 10 am
7) I will meet you tomorrow morning at 8 am for our city tour
8) Have a nice sleep
9) See you

Contoh Percakapan Saat Proses Penjemputan

Welcome group/tourists

Guide : Good afternoon Ladies and Gentlemen Welcome to Adi Sucipto Airport. How is your journey?
Tourist : It’s wonderfull
Guide : Sound great. I am Agasta from Kusuma Travel Agency May I know who is the tour leader please?
Tourist : Yes, I am the leader of this group. I’am Bryan
Guide : Hello Mr. Bryan nice to see you
Tourist : Nice to see you too Asking for the baggages tag
Guide : Well, Ladies and Gentlemen, may I have your baggages tag?
Tourist : Of course, here it is
Guide : Thanks, there are 3 travel bags, and 2 backpackers, aren’t they?
Tourist : Yes, they are Asking fro waiting
Guide : Ladies and Gentlemen, please wait me here, I am going to arrange your baggages
Tourist : Yes, please arrange our baggages, we will wait here
Guide : If you need to go to the toilet, there is toilet on the right side behind the cofee shop if you need to change your money, please go to the counter in front of information office, do you have any questions?
Tourist : Everything is clear, thank you

Asking for porter assistance

  • Guide : Porter, could you help me to arrange my group baggage please?
  • Porter : Of course, what can I do for you?
  • Guide : Please, arrange my group’s baggage, there are 3 travels bag and 2 backpackers. here is the baggage tag
  • Porter : Ok, I will arrange these, please wait
  • Guide : Thank you After several minutes
  • Guide : Porter, how about the baggage, are everything OK? Porter : They are completed and all of them in a good condition Guide : Thank you, please put them into the bus, Pandawa Bus AB 7889 VX
  • Porter : I will. Excuse me, all the baggage hace been put into the bus, is there anything else?
  • Guide : Nothing, thank you very much
  • Porter : You are welcome

Calling the group

  • Guide : Ladies and Gentlemen, all of your baggages have been on board, please go on board, mind your head and mind your step.
  • Tourist : Thanks On the bus
  • Guide :Ladies and Gentlemen, welcome on board of Kusuma Tour and Travel. I would like to reintroduce my self. My name is Agasta and you can call me Aga, and the driver is Beny. I am your guide during your transfer in to your hotel, Golden hotel
  • Bryan :Well, where are we going to go now?
  • Guide :We will go to Yogyakarta, it is about 8 km far from here and will take about 15 minutes. Ladies and Gentlemen, no we are leaving from Adi Sucipto Airport we are turning left to Yogyakarta. We are going to Golden Hotel through Adi Sucipto Street.
  • Crhiss : Then, what is your plan for our trip next?
  • Guide : Well Mr. Chriss, at that moment, I will take you to the Hotel “Golden Hotel” to take a rest for a several time, on the afternoon you’ll get welcome dinner party, for tomorrow you’ll get full day tour and for the next day I will take you at the souvenir shop. You can buy something for your family.
  • Anne : HmHmmmm…… I think it will be nice day
  • Guide : Hopefully sweety.
    Ladies and Gentlemen now we are passing Solo – Yogyakarta street
    on your left and right side you can see food stores that sell special
    menu of Yogyakarta, it calls gudeg, on your left side we can see Tugu
    selamat datang/ welcome statue.
  • Chriss: It’s wonderfull, the building is still in traditional design.
  • Guide : Yes thank you Mr. Crhiss.  lright Ladies and Gentlemen I’ll give you more information about Yogyakarta.
  • Anne : Yes, please. I think it will be interesting information
  • Guide : Yogyakarta is a sgronghold for tradition and culture. However,  it still manages to sgtrike a balance between traditional and modern. Street art can be found in many corneers, perhaps next to a house with ornate traditional wood carving at its façade. The traditional gudeg meal is now served in big fancy restaurants. Some destination must be visit in Yogyakarta are Keraton/palace. This palace is still home to the royal family, but parts of it are open for tourist. The other is the big temple of Yogyakarta, the majestic ancient temple Borobudur we can also visit the batik–marker village and many others
  • Tom : I can wait until tomorrow to spend my holiday in Yogyakarta
  • Guide : Thank you Mr. Tom. OK ladies and gentlemen we will arrive at the hotel 2 minutes later, prepare your self and be careful Arrive at hotel
  • Guide : Ladies and Gentlemen, now we are arriving at Golden hotel. Please get off the bus and keep walking to the lobby, I am arranging your baggages and your rooms. Thank you
  • Tourist : All right.

With room Boy

  • Guide: Good afternoon, sir. Could you help me?
  • R. Boy: Of course. What can I do for you?
  • Guide : Please arrange my group’s baggages, there are 3 travel bags, and 2 backpacker baggages.
  • R. Boy: My pleasure
  • Guide: Thank you
  • R. Boy : You are welcome

With Recepsionist

  • Guide: Good afternoon
  • Receptionist: Good afternoon, Golden hotel may I help you?
  • Guide: I would like to check in my group
  • Recepsionist: May I know the name of your group?
  • Guide: Europ Group, are the room ready to be accommodated?
  • Recepsionist: Everything is ready. You’ve booked m2 days ago. Two double rooms, and one singgle room with complete facilities, is it right?
  • Guide: Yes, thank you
  • Recepsionist: This is the key, hope your client enjoy the day. Is there anything I can do?
  • Guide: No, thanks.
  • Recepsionist: You are welcome
Baca   Karir Alkhastore membuka lowongan Admin Olshop

With tourist

  • Guide : Ladies and Gentlemen, Welcome to Golden Hotel. Here are your keys, please have your keys and enjoy your stay. Your rooms are 234, 235 and 228. If you need any assistance please contact recepsionist. Your dinner will ready on 7 p.m until 9 pm in the Crown restaurant of the Golden Hotel. Your breakfast will be ready at the same restaurant tomorrow morning at 6 am to 10 am. Any questions?
  • Tourist : No thanks, it is clear.
  • Guide : Ladies and Gentlemen, I will meet you tonight for the welcome dinner party, have a nice rest.
  • Tourist : Thank you
  • Guide : You are welcome. See you Tourist : See you

Alur Transfer in

CONTOH SOAL

1. Pengenal pada saat penjemputan tamu, kecuali….

A. Papan nama B. Seragam C. Tas D. Tanda pengenal E. Payung

2. Seorang pemandu wisata dalam mengenalkan daerah wisata yang akan menjadi tujuan wisata harus memberikan informasi-informasi sebagai berikut, kecuali ……

A. Atraksi wisata yang akan dikunjungi

B. Jenis kendaraan yang akan digunakan

C. Perlengkapan-perlengkapan khusus yang diperlukan

D. Pemangku wilayah setempat

E. Standar dan jenis hotel serta fasilitasnya

3. Could I know who is the tour leader, please? Adalah salah satu percakapan yang terjadi pada saat proses penjemputan wisatawan yaitu …….

A. Welcoming tourist

B. Asking for baggage tag

C. Asking porter assistance

D. Transfer in

E. Calling the group

4. Ladies and Gentlemen, all of your baggages have been on the board. Please go on board. Mind your head and mind your step Adalah percakapan yang terjadi pada saat …..

A. Welcoming tourist B. Asking for baggages tag C. Asking porter assistance D. Transfer in E. Calling the group

5. Apa yang harus dilakukan oleh seorang pemandu wisata pada saat tiba di hotel?

A. Memperkenalkan diri

B. Mengurus kamar untuk tamu

C. Mengenal tour leader

D. Menukarkan uang

E. Menyiapkan makan siang/malam

6. Pelayanan foto yang diberikan saat proses pemanduan wisata berlangsung disebut …..

A. Photo stop B. Toilet stop C. Introduction D. First luggage handling E. Meeting service

7. Membantu wisatawan untk mengisi registration form adalah kegiatan yang dilakukan pada saat ………

A. Check out hotel B. introduction C. Luggage handling D. Meeting service di airport E. Check in hotel

8. “…. Well everybody please let me know if you have some questions or perhaps you have some problem during the tour … Kalimat tersebut disampaikan oleh pemandu pada saat :

A. berada di bis
B. berada di bandara keberangkatan
C. memulai pemanduan dalam sebuah tour
D. mengakhiri perjalanan wisata
E. akan berangkat dan obyek wisata

9. Dalam penanganan transfer out, setelah bagasi grup terkumpul di Lobby hotel dan siap berangkat menggunakan bus, sebaiknya dilakukan…

A. meminta bell captain memasukkan ke bagasi bus
B. mempersilahkan wisatawan segera masuk ke bus
C. meminta wisatawan untuk mengecek kembali bagasinya
D. memberikan salam perpisahan kepada wisatawan
E. membawakan bagasi wisatawan ke dalam bus

10. Cara menyajikan komentar pemanduan di atas kendaraan saat akan tiba untuk check-in adalah. …

A. “Please adjust your local time!”
B. “Good morning, ladies and gentlemen.. welcome to Bali Overland Tour!”
C. “How about your flight?… It’s boring?”
D. “On your right hand side, standing over there, there is a Hermes statue on the bridge…”
E. “Ladies and gentlemen, we arrive in our hotel a couple of minutes!”

SOAL ESSAY

  1. Datang lebih awal sebelum waktu kedatangan tiba adalah salah satu bentuk profesionalisme kerja bagi seorang pemandu wisata. Apa yang harus Anda lakukan agar tidak terjadi keterlambatan dalam penjemputan wisatawan?
  2. Upaya apa saja yang harus dilakukan oleh seorang pramuwisata untuk menghindari komplain dari tamu, sebutkan!
  3. Sebutkan tugas pemandu wisata dalam proses penjemputan!
  4. Sebutkan langkah-langkah yang harus dilakukan oleh pemandu wisata jika terjadi kehilangan bagasi pada wisatawan yang dijemput!
  5. Pemandu wisata adalah orang yang memberikan jasa pemanduan wisata kepada tamu baik mandiri maupun terikat dengan suatu perusahaan, dalam kegiatan ini pemandu wisata belum pernah bertemu dengan wisatawannya. Oleh karena itu dalam penjemputan tamu diperlukan paging board, jelaskan apa yang dimaksud dengan panging board!

RANGKUMAN

  1. Biro perjalanan wisata (BPW) adalah usaha yang bergerak dibidang jasa wisata
  2. Transfer in adalah pelayanan kedatangan wisatawan di bandara / pelabuhan / terminal / stasiun dimana wisatawan pertama kali tiba atau ditangani oleh seorang pramuwisata
  3. Tahapan – tahapan yang dilakukan guide dalam memperkenalkan diri diantaranya, Meeting Service, First lugage handling, Introduction, photo stop, toilet stop
  4. Prosedur check in melakukan reservasi 5. Prosedur check in pada saat kedatangan

EVALUASI

Kerjakan soal di bawah ini dengan baik dan benar!

  1. Buatlah papan nama utuk menjemput wisatawan di bandara agar mudah
    dikenali!
  2. Sebutkan tahapan komunikasi dalam prosedure transfer in!
  3. Bagaimana teknik memperkenalkan diri di tempat kedatangan (transfer in)
  4. Sebelum menjemput wisatawan mengapa harus melakukan konfirmasi ulang kepada pihak penginapan?
  5. Salah satu hal yang harus dipersiapkan pramuwisata sebelum melakukan penjemputan adalah mengetahui jumlah wisatawan. Jelaskan mengapa harus

demikian!

DAFTAR PUSTAKA

Duari, Apriyanti. 2018. Pemanduan Perjalanan Wisata.Yogyakarta: Penerbit Andi

Hamid Hasan, Said. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum Kementerian Pendidikan Nasional.

Muljadi A.J. 2009. Kepariwisataan dan Perjalanan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Prof. Dr. I Gde Pitana, M. Sc. Dan I Ketut Surya Diarta, SP.,MA. 2009. Pengantar Ilmu Pariwisata. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Wardhani, dkk. 2008. Usaha Jasa Pariwisata Jilid 2. Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan

GLOSARIUM

  • Baggage : Barang muatan yang terdiri dari tas, barang dan container yang dibawa oleh wisatawan.
  • Bandara : Tempat dimana pesawat udara, helikopter lepas landas dan mendarat.
  • Boarding Pass : Tiket untuk masuk kedalam pesawat yang berisi informasi seperti nama penumpang, tujuan, nomor pesawat, boarding gate, bandara kedatangan hingga nomor tiket.
  • Destinasi : Tempat tujuan wisata
  • Domestik : Dalam negeri
  • Guide Order : Orang yang bertugas untuk menemani, mengantar, memberikan informasi dan saran kepada seseorang / kelompok wisatawan yang sedang melakukan perjalanan.
  • Paspor : Dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat berwenang dari suatu negara yang memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan anatar negara
  • Personal Expense : Biaya yang harus dikeluarkan oleh wisatawan yang tidak termasuk yang tidak ada di paket wisata
  • Photo Stop : Kesempatan yang diberikan kepada wisatawan untuk berhenti dikawasan yang aman, nyaman dan berpemandangan indah untuk sekedar foto serta beristirahat sejenak.
  • Porter : Orang yang dibayar untuk membantu membawa barang – barang customer / penumpang
  • Label Baggage : Label bagasi yang dipasang pada barang bawaan penumpang sebagai barang bukti bahwa barang itu milik penumpang dengan tujuan tertentu.
  • Loby : Sebuah ruangan yang terdapat pada bangunan yang berfungsi sebagai ruangan peralihan antara ruang luar dan ruang dalam bangunan. Biasanya digunanakan digunakan untuk ruang tunggu pengunjung sebelum masuk lebih jauh kedalam bangunan.
  • Roomboy : Orang yang bertanggungjawab mempersiapkan kamar untuk dijual pada bagian marketing, atau suatu pemasaran dan front office.
  • Savana : Padang rumput yang terletakdidekat daerah khatulistiwa, ditandai dengan vegetasi yang didominasi oleh rerumputandan semak, namun diselingi oleh pepohonan seperti eucalyptus.
  • Snorkling : Kegiatan berenang atau menyelam dengan mengenakan peralatan berupa masker selam, dan snorkel
  • Toilet Stop : Kesempatan yang diberikan kepada wisatawan yang ingin ke toilet, kendaraan akan berhenti ketika ada permintaan dari penumpang dan guide akan memberitahukan seberapa lama kendaraan akan berhenti.
  • Tour Itinerary : Susunan jadwal perjalanan wisata yang sudah diatur sedemikian rupa secara sistematis untuk memberikan kenyamanan dan kepuasan kepada wisatawan.
  • Visa : Tanda bukti boleh berkunjung yang diberika pada penduduk suatu negara jika memasuki wilayah negara lain yang mempersyaratkan adanya izin masuk.
  • Voucher Hotel : Kupon prabayar yang dapat ditukarkan saat akan bermalam di hotel tertentu

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *