Cara sehat di tempat kerja, kok bisa!

Posted on

 

Saatnya merawat tubuh Anda bahkan saat Anda berada di kantor sepanjang hari dari pagi hingga sore, kantor merupakan rumah kedua bagi para pekerja, termasuk saya yang menghabiskan sebagian besar waktunya di tempat kerja

Buatlah komitmen untuk diri sendiri bahwa kesehatan adalah prioritas setiap hari, baik dirumah maupun dikantor. Ciptakan tempat kerja yang sehat dan produktif.

Bersumber dari inc.com, kesehatan di tempat kerja dibagi lima yang terpenting dalam menjaga kesehatan, yaitu:

– Kesehatan fisik
– Diet dan nutrisi
– Kesehatan mental
– Imunitas dan pencegahan penyakit
– Hubungan dan Networking.

Berikut tips untuk menjalani gaya hidup lebih sehat di kantor.

Kesehatan Fisik

1. Stop sitting.

“Sitting is our generation’s smoking,” he insists, “The average person sits 9.3 hours per day compared to 7.7 hours per day of sleep, which wreaks havoc on our health, wellness and state of mind. After just one hour of sitting, the production of enzymes that burn fat decrease by as much as 90%.” Kelly recommends trading the traditional office chair for a standing desk. If you’re not ready to stand for that long, try an ergonomic chair that requires you to sit with good posture. He also recommends standing meetings, too: “You’ll find people are more engaged, energized, and also, you’ll waste less time.”

1. Berhenti duduk.

Rata-rata orang duduk 9,3 jam per hari dibandingkan dengan 7,7 jam per hari untuk tidur, berlama-lama duduk diam bisa mendatangkan petaka bagi kesehatan, kebugaran, dan keadaan pikiran kita. Setelah satu jam duduk, produksi enzim membakar lemak dan berkurang sebanyak 90%. Maka cobalah kursi ergonomis yang mengharuskan Anda duduk dengan postur yang baik.

2. Lakukan rapat berjalan dan panggilan telepon.

Setiap pertemuan di mana Anda tidak diharuskan menghadap layar komputer adalah kesempatan untuk berjalan-jalan dan menghirup udara segar. Terutama jika hanya ada satu orang yang terlibat, berjalan berdampingan dan paralel dengan seseorang memungkinkan masalah dibahas lebih terbuka.

Rapat jalan kaki tidak terlalu agresif, lebih terbuka dan kolaboratif, sekaligus membakar kalori dan meningkatkan oksigenasi darah. Panggilan telepon juga dapat dilakukan sambil berjalan, membebaskan kreativitas, dan menempatkan Anda dalam keadaan pikiran yang lebih dinamis dan positif.

3. Berolahraga.

Berolahraga bersama tidak hanya akan memperdalam ikatan dan memungkinkan Anda untuk lebih mengenal orang-orang yang bekerja dengan Anda, tetapi juga membuat Anda bertanggung jawab untuk mendapatkan aktivitas yang seharusnya Anda lakukan. Ini bisa dilakukan sebelum bekerja, saat makan siang, atau di sore hari. Kuncinya adalah kebersamaan dalam komunikasi.

Baca   Contoh Surat Panggilan Kerja

4. Lakukan latihan tiga menit.

Interval sesingkat tiga menit meningkatkan metabolisme, energi, dan kepositifan. lakukan latihan berat badan seperti squat, push-up, dan jumping jack. Latihan singkat akan membantu Anda menjalani hari, mengurangi stres, dan juga tidak akan membuat Anda berkeringat.

5. Regangkan & Lepaskan Emosi.

Kemarahan sering kali muncul sebagai ketegangan di bahu dan punggung atas serta leher. Rasa takut biasanya dirasakan di ulu hati Anda. Jangan hindari emosi ini, Kenali, rasakan, dan lepaskan melalui peregangan dasar dan napas dalam-dalam. Masalahnya bukanlah mengalami emosi normal ini. Itu karena menahannya terlalu lama.”

Diet & Nutrisi

6. Rencanakan makan siang Anda.

Baik sehari sebelumnya, atau lebih baik lagi, di awal minggu, siapkan menu mingguan dan kemas makanan.

7. Ubah pertemuan makan siang menjadi pertemuan (Pagi) sarapan.

Hal ini tidak hanya menyebabkan peningkatan produktivitas, tetapi juga lebih mudah bagi sebagian besar orang untuk memilih sarapan yang sehat. Tetaplah dengan sarapan tinggi lemak dan protein tinggi yang rendah karbohidrat untuk memberi Anda energi sepanjang hari dengan energi yang berkelanjutan dan seimbang.

8. Batasi soda dan junk food.

Makan ringan semakin udah didapat hanya dengan menekan tombol di henpon Anda, cemilan sehat dapat membantu meningkatkan produktivitas, usahakan hindari minuman softdrik atau yang bersoda dan junkfood ganti dengan minum air putih minimal seliter sehari dan cemilan sehat.

9. Makan siang dengan sayuran, protein dan lemak.

Tentu Anda boleh mengonsumsi karbohidrat (Nasi), tetapi saya tidak akan merekomendasikan lebih dari segenggam, dan karbohidrat itu harus bersifat kompleks. Makan banyak karbohidrat di siang hari akan membuat Anda lemas. Pilih salad dengan banyak sayuran, lemak sehat dan protein tanpa lemak.

10. Pulang Tepat waktu.

Ini mungkin tidak terdengar seperti tip di tempat kerja, tapi memang begitu. Harus ada waktu setidaknya 2,5 jam antara selesai makan malam dan pergi tidur. Jika tidak, itu akan mengganggu tidur Anda dan membuat Anda merasa lebih buruk dan pusing keesokan harinya. Buat rencana kapan Anda akan meninggalkan kantor dan patuhi rencana itu. Ini juga akan mendorong Anda untuk bekerja seefisien mungkin.

Kesehatan Mental

11. Jauhkan Ponsel Anda.

Saat ini, yang terburuk yang kita hadapi adalah gangguan. Salah satunya ponsel penyebab terbesar ganguan. Kita benar-benar kecanduan ponsel dan itu menyebabkan lebih banyak kerugian daripada apa yang kita sadari. Matikan semua notifikasi di ponsel Anda dan jangan pernah meletakkannya di meja. Lebih baik lagi, taruh itu jauh di laci. Hanya periksa telepon Anda pada waktu yang ditentukan, yang telah direncanakan dalam sehari makan siang salah satunya. Dan yang pasti jangan membawanya ke rapat.

Baca   Berminat Bisnis Waralaba? yuk Cari Tahu Kelebihan & Kekurangannya

12. Media Sosial.

Bagi sebagian besar pengguna harus mengetahui fungsi dan fitur yang disajikan sebuah aplikasi media sosial. Namun, Media sosial akan berdampak langsung pada mentalitas Anda. ada beberapa manfaat lain yang perlu anda ketahui dan juga dapat anda eksplorasi lebih dalam agar mendapatkan berbagai keuntungan dalam menggunakan sebuah media sosial. Bijaklah menggunakan Media Sosial.

13. Rasa Syukur.

Syukuri apa yang ada rasakan saat ini? Fakta bahwa Anda bekerja, matahari, Panca indra, angin di rambut Anda, anak-anak Anda … Tidak peduli apa yang Anda pikirkan, yang terpenting adalah Anda mencintain diri Anda dan penghargaan murni.

14. Meditasi lima menit.

Tidak ada yang harus menjadi master Zen! Hanya lima menit melakukan meditasi dapat meningkatkan energi, ketenangan, dan kemampuan untuk menangani lingkungan sekitar secara lebih efektif. Silahkan download aplikasi meditasi di ponsel Anda dan biarkan aplikasi tersebut memandu Anda melalui beberapa napas sederhana dan kerja pikiran.

15. Tujuan pribadi dan profesional.

Rasa jenuh tidaklah sehat bagi siapa pun, dan biasanya ini disebabkan oleh terlalu banyak fokus pada satu bidang kehidupan sementara bidang lain dalam hidup Anda menderita. Anda dapat membantu mencegah hal ini dengan memiliki pengingat harian tentang tujuan pribadi di meja Anda dan sering meninjaunya. Jika Anda mencapai tujuan pribadi, Anda akan merasa lebih baik tentang diri sendiri dan akan mengalami kehidupan yang lebih baik, yang mengarah pada Anda yang lebih baik di kantor juga.

Imun & Pencegahan Penyakit

16. Hindari kafein.

Ganti gula dalam kopi pagi Anda, gunakan kelapa atau selainnya. Keduanya adalah penguat otak yang akan menghasilkan fokus dan stamina mental yang lebih baik. Alih-alih secangkir kopi kedua di sore hari, pilih teh hijau (atau air) sebagai gantinya. Ini akan mengurangi dehidrasi.

17. Sediakan botol air di meja.

Saya suka menyimpan botol air di meja saya dan bertujuan untuk mengonsumsi setidaknya tiga botol penuh setiap hari. Beberapa hal lebih penting bagi kesehatan daripada terhidrasi. Ini akan mencegah Anda makan terlalu banyak (makan berlebihan seringkali karena dehidrasi).

Baca   Ini Tanda Kondisi Keuangan Anda Stabil

18. Cuci Tangan Anda.

Selalu cuci tangan selama 30 detik. Jika bisa, gunakan handuk kertas untuk membuka pintu. Jika Anda harus menyentuh gagang dan kenop pintu yang juga digunakan orang lain, selalu cuci tangan Anda setelahnya. Dan catatan tambahan – teko kopi adalah pembunuh.

19. Tempat makan tertutup di kantor.

Bukan hanya makanan yang tidak sehat, tetapi juga kemungkinan penuh dengan kuman.

20. Simpan multivitamin di meja Anda.

Ketika badan kurang enak, dan merasa feeling not good, setidaknya ada ketersediaan vitamin di meja kerja Anda. Lebih baik mencegah daripada mengobati.

Hubungan & Koneksi

21. Jadikan orang sekitar Anda sebagai partner.

Percayalah pada pendekatan positif. Jika menurut Anda alam semesta dan semua orang di sekitar mendukung Anda, mungkin akan kagum ketika hal itu benar-benar terjadi. Orang dan dunia memiliki cara yang bagus untuk memenuhi ekspektasi.

22. Menjalin hubungan waktu makan siang

Gunakan istirahat tengah hari Anda sebagai waktu untuk menjalin hubungan yang lebih dalam dengan orang lain. Menurut Kelly, kepuasan kerja berkorelasi langsung dengan kualitas persahabatan yang Anda miliki dengan orang lain di tempat kerja. Gunakan istirahat makan siang Anda sebagai waktu untuk membangun persahabatan. Jangan berbicara tentang pekerjaan – bagikan tentang masalah pribadi dan tunjukkan kepada mereka bahwa Anda peduli tentang siapa mereka baik di luar maupun di dalam kantor.

23. Jalan Santai.

Sekali sehari sebaiknya di sore hari, Anda menetapkan untuk pergi santai dengan rekan kerja. ini akan membantu Anda mengembangkan hubungan yang lebih baik. Ya, Anda perlu berhati-hati untuk tidak mengganggu rekan kerja, tetapi dapat secara selektif memilih dengan siapa akan berinteraksi saat ini.

24. Kenali hal-hal menakjubkan di sekitar Anda.

Tulislah catatan setiap minggunya yang Anda liat dan itu membuat takjub. Rasakan bagaimana hari-hari ini menjadi lebih baik.

25. Cintai diri sendiri.

“Ingatlah bahwa perspektif tentang dunia mengatakan, lebih banyak tentang Anda daripada tentang dunia. Jika Anda tidak terlalu memikirkan diri sendiri, Anda tidak akan menganggap tinggi orang lain. Menghargai diri sendiri dan orang-orang di sekitar adalah salah satu kunci untuk hidup bahagia dan penting, jadi jangan abaikan tugas penting Setiap hari.”

Jagalah kesehatan dimana pun kita berada, sehat itu mahal. Tetap semangat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *