Shock Breaker Mobil

Tips Memilih Shock Breaker Mobil

Posted on

Shock Breaker mobil seringkali menjadi perhatian utama para pemilik mobil khususnya mobil sedan Toyota, seringkali para pemilik mobil sedan mengeluh kurang puas dengan performa suspensi terutama untuk bagian belakang. “Mobil sedan Toyota saya ketika memuat penumpang, langsung terlihat amblas dan sering gasruk ketika melewati lubang ataupun polisi tidur.”

Shock Breaker Mobil Toyota

Bagi produsen mobil seperti Toyota, faktor safety dan kenyamanan selalu menjadi skala proritas di dalam merancang suspensi kendaraan. Meski sisi kestabilan juga mendapat porsi yang tidak bisa di bilang sedikit, terutama untuk kendaraan jenis MPV atau sedan.

Kebutuhan setiap pengemudi selalu berbeda, bagi pengemudi dinamis tentu tuntutan pengendalian optimal diperlukan maka tidak heran bila sisi kestabilan menjadi proritas utamanya meski sektor kenyamanan tetap diperhitungkan sebagai alat transportasi harian.

Kasus terhadap paket suspensi bawaan pabrik pun menjadi alasan lain bagi konsumen untuk melakukan perubahan ini. Seperti suspensi Avanza Xenia generasi pertama yang terkenal keras terutama saat dimuat dengan sedikit penumpang tetapi cukup nyaman ketika membawa banyak penumpang maupun barang.

Ciri-Ciri Shock Breaker Mobil Rusak

Sebelum memutuskan untuk mengganti shock breaker mobil tentu pertimbangan pertama kita adalah usia pakai shock breaker itu sendiri. Pada umumnya, kinerja shock dirasa mulai melemah atau usia ketika mencapai 2-4 tahun / lebih dari 60.000 km (tergantung pemakaian).

Ciri yang dapat langsung dirasakan, ketika ayunan mobil terasa berlebih saat melewati lubang jalan atau gundukan. Hal ini menandakan kinerja shock breaker telah mulai melemah. Ciri lainnya adalah rembesnya cairan oli pada seal di shock mobil, sehingga tekanan pun menurun drastis dan ciri yang paling parah bila shock breaker telah mengeluarkan bunyi bletak atau tumbukan antar komponen di dalam shock mobil itu sendiri. Dapat dipastikan ketika shock diturunkan dari kendaraan maka shock akan mati alias tidak dapat melakukan pegas kembali.

Baca   Cara menghilangkan jamur kaca dan baret kaca pada Mobil kesayangan Anda

Pasalnya shock breaker memiliki fungsi untuk meredam gerakaan berlebih dari per di kendaraan. Bila mobil mengayun berlebih saat menabrak lubang, tentu sangat mempengaruhi pengedalian dan kestabilan mobil. Belum lagi, keausan ban pun menjadi tidak merata lantaran permukan ban tidak menerima beban secara merata.

Perbedaan Shock Breaker Original dengan Shock Breaker After Market

Selain memperhatikan unsur safety dan kenyamanan, factor biaya produksi pun menjadi salah satu acuan untuk memperoleh harga jual kendaraan yang kompetitif. Tidak pelak ini bersinggungan dengan penerapan teknologi didalamnya.

Pada mobil Toyota terdapat 2 produsen yang dipercaya sebagai pemasok utama Shock Breaker yaitu Tokico dan Kayaba. Dan pada umumnya jenis shock dapat dibagi menjadi dua yaitu tipe oli (semua Original Toyota menggunakan tipe ini) dan gas.

Kedua jenis ini memiliki karakter yang berbeda. Dimana jenis oli memiliki kecenderungan berkarakter nyaman ketimbang jenis gas. Tipe gas pun tidak serta merta berisikan gas 100%. Peran oli sebagai pelumas pun tetap dibutuhkan.

Pertanyaan yang sering diajukan kepada saya adalah, ” Shock mana yang lebih baik untuk mobil Toyota saya?” Jawaban yang biasa saya berikan adalah tergantung, maksudnya adalah seberapa sering anda menggunakan mobil itu hanya seorang diri maupun dengan pasangannya atau lebih sering menggunakan mobil itu beramai-ramai bersama keluarga besar.

Apabila lebih sering menggunakan seorang diri ataupun berdua dengan pasangan, saya lebih menganjurkan penggunaan shock breaker original Toyota karena shock breaker tipe oli terasa sangat smooth dan nyaman ketika berkendara seorang diri maupun berdua tetapi ketika memuat muatan banyak maka seringkali mobil gasruk atau mentok ketika melewati polisi tidur apabila menggunakan shock original. Oleh karena itu penggunaan shock breaker Kayaba Excel G maupun Kayaba Ultra sangat maksimal untuk mobil yang seringkali memuat muatan penuh.

Baca   Perbedaan Aki Drop dan Soak pada kendaraan Anda

Selain itu, beberapa produk aftermarket kerap menawarkan shock tipe double action. Padahal, tipe ini cukup mempengaruhi kinerja shock breaker ke sisi negatif. Dimana peran shock lebih kepada menjaga kecepatan saat kembali ke posisi semula atau rebound. “Double atau single action hanya merupakan perbandingan persentase antara saat compress dan rebound.

Bila single action memiliki perbandingan 40 compress dan 60 rebound, maka double action sebaliknya. Dimana semakin tinggi angka persentase, maka sokbreker memiliki tahanan yang semakin kuat. Jadi saat rebound, selain per yang memiliki karakter memantulkan, shock pun kian menambah kecepatan ketika pergerakan ke atas atau kembali ke posisi semula.

Jenis Shock Breaker Kayaba

Sumber Berkat Toyota sebagai salah satu distributor Kayaba, maka perlu diperjelas lagi mengenai produk-produk Kayaba yang beredar di pasaran

  • Shock Breaker Original Toyota

Banyak dari mobil Toyota yang menggunakan Kayaba sebagai shock breaker bawaan mobil atau dapat disebut dengan original. Meskipun buatan Kayaba tetapi shock breaker original tidak dijual di pasaran dengan dus kayaba sendiri, melainkan dijual dengan kemasan dalam dus original Toyota. Tipe Shock Breaker untuk original Toyota adalah tipe oli yang mengutamakan kenyaman bagi pengendara.

Tentunya spare part toyota original ini memiliki kelebihan yang tidak dapat disamakan dengan produk-produk Kayaba lainnya. Sebagai produsen yang telah menandatangani kontrak kerja sama dengan perusahaan besar seperti Toyota tentu barang pesanan original dibuat berbeda dengan barang yang dijual untuk di pasaran, sangat tidak mungkin barang original dikeluarkan sama dengan barang after market, apabila hal itu terjadi maka Pihak Kayaba tentu akan mendapatkan penalti dari kontrak kerja samanya.

  • Kayaba Excel G
Baca   Ada 3 indikasi aki mobil yang sudah waktunya diganti Baru

Kayaba Excel G merupakan produk Kayaba yang langsung dibuat di Japan dengan tipe gas ( G itu merupakan kepanjangan Gas ). Pilihan yang sangat tepat apabila anda menginginkan alternatif untuk mengganti shock breaker mobil anda dengan harga yang lebih terjangkau untuk dompet kita tentunya. Tapi penggunaan shock ini dikembalikan kembali kepada anda sebagai pemilik, apa kebutuhan utama dari pemakaian mobil Toyota anda ?

  • Kayaba Ultra

Kayaba Ultra merupakan produk kerja sama antara pihak Kayaba dengan pihak Toyota Indonesia sehingga produk kayaba ini disuguhi dengan label Astra Otoparts. Kayaba ultra sendiri sudah diproduksi di Indonesia dengan ciri utama warna kuning untuk shock breaker nya.

Sangat cocok untuk mobil Toyota Avanza dan Innova yang notabene sering memuat muatan banyak. Dan memang kabarnya, Shock Kayaba Ultra memang difokuskan untuk kedua mobil ini karena banyak keluhan untuk Shock Breaker bagian belakang untuk Avanza dan Innova sehingga pihak Astra memerlukan opsi untuk perbaikan di bagian shock belakang.

  • Kayaba Premium

Kayaba Premium juga merupakan bentuk kerja sama antara Toyota Indonesia dengan pihak kayaba, dimana produksi untuk shock breaker mobil ini sudah dilakukan di Indonesia, dengan tipe shock ini adalah tipe oli.

Meskipun sudah menggunakan oli sebagai komposisi utama Shock Breaker tetapi tentu saja ada perbedaan antara shock yang khusus untuk original Toyota dengan kayaba premium. Tipe ini dikeluarkan untuk opsi pemilik kendaraan Kijang dan beberapa mobil Toyota yang masih menggunakan catridge untuk mobil Toyotanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *